STRATEGI PEMASARAN BISNIS KONVEKSI DALAM MEMPERTAHANKAN USAHANYA PADA MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus Pada Usaha Konveksi Shabrina Collection Tulungagung)

VIVI 'AINIL MUFIDAH, 17402163650 (2021) STRATEGI PEMASARAN BISNIS KONVEKSI DALAM MEMPERTAHANKAN USAHANYA PADA MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus Pada Usaha Konveksi Shabrina Collection Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ―Strategi Pemasaran Bisnis Konveksi Dalam Mempertahankan Usahanya Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Usaha Konveksi Shabrina Collection Tulungagung)‖ yang ditulis oleh Vivi `Ainil Mufidah, NIM. 17402163650 pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang sedang dialami oleh negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satu sektor yang terdampak adalah ekonomi karena adanya kebijakan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Skala Besar yang memaksa masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Hal ini merupakan tantangan bagi para pelaku usaha untuk terus mempertahankan usahanya dimasa pandemi ini. Para pengusaha dituntut untuk menetapkan strategi yang sesuai agar produk tetap laku terjual pada masa pandemi ini Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Strategi pemasaran bisnis konveksi Shabrina Collection dalam mempertahankan usahanya pada masa pandemi Covid-19. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Strategi pelaku bisnis konveksi Shabrina Collection dalam mempertahankan usahanya pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data,paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahawa, 1) Strategi pemasaran bisnis konveksi Shabrina Collection dalam mempertahankan usahanya pada masa pandemi Covid-19 melalui strategi produk adalah melakukan inovasi-inovasi pada produk lama dan berinovasi dengan memproduksi produk baru, serta mempertahankan kualitas produk dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggan, 2) Strategi pemasaran melalui strategi harga adalah dengan memberikan harga terbaik bagi para pelanggan Shabrina Collection, 3) Strategi pemasaran melalui strategi tempat adalah dengan menggunakan penjualan menggunakan media sosial sehingga jual beli dilakukan secara online tanpa pelanggan datang ke store Shabrina Collection Tulungagung, 4) Strategi pemasaran melalui strategi promosi adalah dengan memanfaatkan promosi melalui sosial media sebagai tempat untuk mengenalkan produk-produk terbaru agar pelanggan dapat mengetahui dan tertarik untuk membeli produk tersebut, 5) Faktor Penghambat Strategi pemasaran konveksi Shabrina Collection adalah adanya pesaing yang meniru model produk Shabrina, kelangkaan dan kenaikan harga bahan baku, kebijakan penutupan pasar, informasi yang diberikan tidak tersampaikan dengan baik kepada pelanggan, 6) Faktor pendukung strategi pemasaran konveksi Shabrina Collection adalah selalu menjaga ciri khas serta kualitas produk Shabrina, Memberikan promo berupa potongan harga, memberikan potongan harga, dan melakukan evalusi pada iklan yang diterbitkan sehingga informasi tersampaikan dengan baik ke pelanggan. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Covid-19, Konveksi Shabrina Collection Tulungagung, Strategi Mempertahankan Usaha.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 17402163650 Vivi Ainil Mufidah
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:45
Last Modified: 03 May 2021 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18573

Actions (login required)

View Item View Item