INDRI NUR KHASANAH, 17401163254 (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENCIPTAKAN KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP PRODUK SIMPANAN UMUM SYARIAH DI BMT ISTIQOMAH KARANGREJO TULUNGAGUNG DAN BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menciptakan Kepercayaan Anggota Terhadap Produk Simpanan Umum Syariah di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung”. Ini diteliti oleh Indri Nur Khasanah NIM 17401163254 dosen pembimbing Bapak Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Latarbelakang penelitian ini oleh perkembangan jumlah anggota produk Simpanan Umum Syariah yang ada di kedua lembaga itu lebih banyak diminati masyarakat dari pada produk simpanan lainnya. Sehingga dengan meningkatnya kecenderungan inilah yang menjadi motivasi peneliti untuk meneliti bagaimana strategi pemasaran yang mereka terapkan untuk memperoleh calon penabung. Fokus penelitian ini adalah: bagaimana penerapan strategi pemasaran produk Simpanan Umum Syariah dalam menciptakan kepercayaan anggota di dua lembaga tersebut?; apa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi pemasaran untuk menciptakan kepercayaan anggota produk Simpanan Umum Syariah di dua lembaga tersebut?; bagaimana solusi yang dilakukan dua lembaga tersebut untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi pemasaran untuk menciptakan kepercayaan anggota produk Simpanan Umum Syariah? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data-data ini diperoleh peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan strategi pemasaran yang dilakukan BMT Istiqomah melakukan strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk, dan strategi pengembangan pasar. Sedangkan BMT Pahlawan melakukan strategi pengembangan produk dan strategi penetrasi pasar. Kendala internal BMT Istiqomah meliputi minimnya inovasi produk dan minimnya sumber pendanaan, kendala eksternalnya meliputi persaingan dari lembaga keuangan lain dan minimnya anggota mengetahui produk simpanan lainnya. Kendala internal BMT Pahlawan meliputi kesulitan dalam penempatan posisi karyawan ketika dilakukan rotasi pekerjaan dan kurangnya SDM. Kendala eksternalnya meliputi persaingan dari lembaga keuangan lain dan adanya isu negatif mengenai perkoperasian. Solusi kendala internal BMT Istiqomah adalah memunculkan produk baru dan peminjaman modal ke kantor cabang BMT Istiqomah yang lain. Solusi dari kendala eksternalnya meliputi memunculkan produk baru untuk mengimbangi lembaga keuangan lainnya dan pengenalan produk kepada anggota dan meningkatkan pengetahuan SDM terkait produk BMT. Solusi kendala internal BMT Pahlawan adalah membuat program pengembangan SDM sebelum dilakukan rotasi pekerjaan, dan menambahkan tenaga kerja baru. Solusi eksternalnya adalah pendekatan dengan anggota, dan memberikan pemahaman yang benar ke anggota. Kata Kunci: Kepercayaan Anggota, Strategi Pemasaran
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | S1 17401163254 Indri Nur Khasanah |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 02:58 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 04:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18589 |
Actions (login required)
View Item |