PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDI AN-NUR BUNGUR KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

LESTARI, INDA TRI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDI AN-NUR BUNGUR KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDI An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” ditulis oleh Inda Tri Lestari, NIM. 3217113051, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Eni Setyowati, S. Pd, MM. Kata Kunci: Kooperatif, Student Team Achievement Division, Hasil Belajar IPA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang kurang aktif ketika pembelajaran IPA. Karena selama ini dalam kegiatan pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang relatif rendah. Untuk itulah diperlukan model pembelajaran yang mampu membuat siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), dimana siswa yang pandai menjelaskan pada anggota lainnya pada materi yang sedang dipelajari sampai anggota kelompoknya memahami materi. Dalam penelitian ini dilakukan di SDI An-Nur Bungur, fokus penelitian pada mata pelajaran IPA karena hasil belajar siswa masih rendah. Ketika proses pembelajaran siswa kurang aktif dalam bertanya dan mengemukakan pendapat sehingga perlu adanya inovasi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPA semester II materi gerak benda dan faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda siswa kelas III SDI An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPA semester II materi gerak benda dan faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda siswa kelas III SDI An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPA semester II materi gerak benda dan faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda siswa kelas III SDI An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. 2) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPA semester II materi gerak benda dan faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda siswa kelas III SDI An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain 1) Tes, 2) Wawancara, 3) Observasi, 4) Dokumentasi, 5) Catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan siswa terhadap materi mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Proses pembelajaran ini dimulai: 1) Melakukan tes awal yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan dasar yang dimiliki siswa, dan digunakan sebagai acuan dalam pembentukan kelompok berkemampuan heterogen, 2) Pembelajaran pada kegiatan awal, peneliti mempersiapkan RPP dan menyiapkan bahan ajar, 3) Kegiatan inti, melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan sehari-hari, menyampaikan materi dengan ceramah dan pemberian penghargaan, kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan presentasi hasil kerja masing-masing kelompok, 4) Kegiatan akhir, peneliti bersama siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran, kemudian berlanjut dengan tes akhir pada tiap siklus. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SDI An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada tes awal (pre test) 61,25, setelah mendapat pemberian tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa 70,43 dengan presentase ketuntasan 69,56%, sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,91 dengan presentase ketuntasan 91,66% dengan demikian ketuntasan belajar IPA mengalami peningkatan 22,1%. Hal itu menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) siswa kelas III SDI An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: INDA TRI LESTARI
Date Deposited: 18 Nov 2015 01:40
Last Modified: 18 Nov 2015 01:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1867

Actions (login required)

View Item View Item