Upaya Guru Dalam Pembinaan Perilaku Keberagamaan Siswa di MTsN Ngantru Tulungagung

Mufidha, Mita Lailiana (2014) Upaya Guru Dalam Pembinaan Perilaku Keberagamaan Siswa di MTsN Ngantru Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian_Awal_Skripsi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Perilaku keberagamaan siswa, pembinaan, upaya guru. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh globalisasi yang memiliki dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif dari globalisasi berupa masuknya budaya-budaya asing yang sedemikian cepat dan mudah saling bertukar tempat dan saling mempengaruhi satu sama lain. Termasuk budaya hidup barat yang liberal dan bebas merasuki budaya ketimuran yang lebih cenderung teratur dan terpelihara oleh nilai-nilai agama. Bagi dunia pendidikan, hal tersebut merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi dalam memasuki era milenium ketiga ini. Dunia pendidikan dituntut untuk memberikan respon lebih cermat terhadap perubahan yang tengah berlangsung di masyarakat. Terutama dalam hal membina perilaku keberagamaan siswa atau pemeliharan nilai-nilai agama harus dipacu guna mengimbangi akses-akses negatif dari teknologi modern. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana langkah persiapan guru dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana proses guru dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana cara guru dalam membangun stabilitas pembinaan perilaku keberagamaan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung? Adapun tujuan penelitiannya adalah: (1) Untuk mengetahui langkah persiapan guru dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung. (2) Untuk mengetahui proses guru dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung. (3) Untuk mengetahui cara guru dalam membangun stabilitas pembinaan perilaku keberagamaan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data, oleh karena itu kehadiran peneliti menjadi keharusan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, interview mendalam/wawancara dan studi dokumentasi. xvi Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa: 1). Langkah persiapan guru dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung yaitu: (a) Persiapan siswa, (b) Persiapan pembina dan guru pendamping, (c) persiapan tempat pelaksanaan program kegiatan pembinaan perilaku keberagamaan siswa yang ada di dua tempat, yaitu di dalam kelas dan di luar kelas/masjid sekolah. 2). Proses guru dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung dapat dilihat melalui rutinitas yang dilakukan oleh siswa diantaranya: (a) Sebelum pembinaan tersebut dimulai para guru menghimbau kepada siswa agar duduk di kursinya masing-masing dengan tertib, (b) diwajibkan untuk membaca surat yasin selama 10-15 menit, (c) melaksanakan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, (d) penyampaian ceramah/kultum dan do’a yang diberikan oleh guru pembina. Setelah berdo’a siswa saling bersalam-salaman pada guru dan sesama temannya, lalu dengan tertib mereka menuju kelas masing-masing untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa. 3). Cara guru dalam membangun stabilitas pembinaan perilaku keberagamaan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung adalah dengan menjalankan program yang sudah dibuat oleh sekolah secara istiqomah, berupa : (1) Pengarahan oleh guru di dalam maupun di luar kelas. (2) Penciptaan suasana religius yang dilakukan melalui: (a) membaca do’a bersama setiap memulai kegiatan belajar mengajar dan kegiatan keberagamaan lainnya, (b) adanya tulisan kaligrafi di sudut sekolah dan sepanjang ruang kelas yang berisi anjuran berbuat baik, (c) anjuran untuk memakai jilbab bagi siswa putri dan ibu guru. (3) Pembudayaan ber-etika baik di sekolah berupa peraturan yang ditetapkan oleh sekolah terhadap siswanya, baik secara tertulis maupun tidak tertulis. (4) Peringatan Harihari besar Islam (PHBI). (5) Kegiatan ekstra kurikuler, yaitu kegiatan pramuka, kegiatan Osis dan kegiatan PMR. (6) Pesantren kilat ramadhan yang dilaksanakan di bulan ramadhan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 19 Nov 2014 01:14
Last Modified: 19 Nov 2014 01:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item