DESI DWI WULANDARI, 17402153209 (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL CAMPURDARAT TULUNGAGUNG DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (618kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
xvi ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Pedagang di Pasar Tradisional Campurdarat Tulungagung ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam” ditulis oleh Desi Dwi Wulandari, NIM. 17402153209, Jurusan Ekonomi Syariah, Pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin besarnya persaingan di dunia bisnis dan perdagangan. Sehingga dengan semakin banyak bermunculannya pasarpasar modern membuat para pedagang di pasar tradisional harus lebih pandai dalam memilih dan menerapkan strategi pemasaran. Hal tersebut dilakukan agar barang yang dijual oleh para pedagang di pasar tradisional tetap diminati oleh para pembeli sehingga menjadikan eksistensi pasar tradisional tidak kalah saing dengan pasar-pasar modern. Terlepas dari hal tersebut, bisnis hendaknya tidak hanya memperhatikan keuntungan duniawi saja, tetapi juga kemaslahatan di akhirat. Sehingga dalam menerapkan strategi pemasaran, para pedagang harus tetap berpedoman pada aturan dan syariat islam serta tidak melanggar dua hal tersebut. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang di pasar tradisional Campurdarat Tulungagung ? dan (2) Bagaimana analisis dari teori pemasaran islam terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang di pasar tradisional Campurdarat Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan untuk analisa data digunakan teknik analisis data penelitian kualitatif dengan tahapan reduksi data (data reduction), paparan data (data display), serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang di pasar tradisional Campurdarat Tulungagung adalah strategi bauran pemasaran atau marketing mix yang terdiri dari strategi 4P yaitu produk (product), harga (price), tempat atau saluran distribusi (place), serta promosi (promotion). Selain itu berdasarkan analisis teori pemasaran islam, strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang di pasar tradisional Campurdarat Tulungagung tidak bertentangan dengan syariat islam, serta prinsip-prinsip muamalah islam, yang mana produk yang dijual oleh pedagang merupakan produk yang halal serta berkualitas, pengambilan keuntungan kecil serta penetapan harga yang telah disepakati antar pedagang sehingga tidak merusak harga pasar dan merugikan orang lain, menjaga kebersihan serta kerapian tempat berjualan, produk, dan penampilan, serta penerapan strategi promosi yang ramah dan jujur kepada calon pembeli. Selain itu para pedagang di pasar tradisional Campurdarat Tulungagung telah mengaplikasikan sifat berdagang Rasulullah, yaitu bersifat shiddiq (benar dan jujur), amanah (dapat dipercaya), fathanah (cerdas), serta tabligh (komunikatif) dalam kegiatan berdagang sehari-hari. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pedagang Tradisional, Ekonomi Islam
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402153209 DESI DWI WULANDARI |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 02:11 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 02:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18806 |
Actions (login required)
View Item |