ZULAIKHAH NURUL ILMA, 17210163066 (2020) PENERAPAN MEDIA DARING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (388kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (654kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (253kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (215kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (219kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Media Daring pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Butanul Muta’allimin” ini ditulis oleh Zulaikhah Nurul Ilma, NIM. 17210163066, pembimbing Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata kunci : Media daring, Pembelajaran, Bahasa Indonesia. Adanya pandemi Covid-19 di dunia, pendidikan dituntut untuk melakukan penyesuaian dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh. Sistem pembelajaran yang awal mulanya dilakukan secara tatap muka kini harus dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh kini menjadi salah satu alternatif yang dilakukan untuk mengatasi pembelajaran pada masa pandemi. Peneliti melakukan penelitian di SMP Bustanul Muta’allimin dikarenakan sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah di Blitar yang menggunakan media daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia selama pandemi Covid-19. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana penggunaan media daring pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Bustanul Muta’alimin?, (2) apa kelebihan dan kekurangan media daring pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Bustanul Muta’alimin?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan media daring pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Bustanul Muta’alimin, (2) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan media daring pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Bustanul Muta’alimin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap media daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Wawancara digunakan untuk mengetahui penggunaan, kelebihan dan kekurangan media daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media daring dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia memberikan hasil yang cukup signifikan dalam pembelajaran daring. Guru menggunakan media daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19. Hal ini diketahui dari media daring yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berupa aplikasi Whatsapp, Zoom, dan Sevima. Dari ketiga media daring yang digunakan tersebut, aplikasi Whatsapp cukup efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran. Berbeda dengan aplikasi Zoom dan Sevima yang kurang efektif untuk diterapkan. Adapun kelebihan dan kekurangan media daring yaitu kelebihan media daring adalah mudah diakses, efisien waktu, dan fleksibel. Kekurangan media daring adalah jaringan internet dan paket data kurang memadai, pengawasan yang kurang maksimal, dan perbedaan pemahaman terhadap materi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210163066 ZULAIKHAH NURUL ILMA |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 07:36 |
Last Modified: | 03 May 2021 03:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18820 |
Actions (login required)
View Item |