PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) PADA SISWAKELAS VIII MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

SAPUTRO, DUWI (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) PADA SISWAKELAS VIII MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Duwi Saputro, NIM.3214113060, Pembimbing Maryono, M.Pd. Kata kunci:Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, STAD, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kurang maksimalnya proses belajar mengajar di kelas, karena model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga peserta didik yang hanya menjadi pendengar lama kelamaan menjadi jenuh, tidak fokus dan pada akhirnya hasil belajar mereka menurun. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, yaitu model pembelajaran kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tounament (TGT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung dan untuk mengetahui hasil belajar matematika yang lebih baik antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian komparasi dan quasi eksperiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purpossive sampling, dengan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1(diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT)dan Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 2 (diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD). Teknik pengumpulan dan instrumen pengumpulan data (1) tes, (2) dokumentasi, (3) observasi. Teknik analisis dengan metode statistik mengunakan uji-t dan anova. Hasil penelitian tentang perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament(TGT)dan Student Teams Achievement Divisions (STAD)ternyata ada perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatit tipeTeam Games Tournament(TGT) danStudent Teams Achievement Divisions(STAD). Hal ini dapat ditunjukkan pada nilai thitung = 2,180 dan signifikansi 0,033. Sedangkan untuk nilai ttabel pada signifikansi 5% nilai ttabel = 2,000. Karena thitung> ttabelyakni 2,180 > 2,000 dan signifikansi < 0,05 yakni 0,033 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD. Hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT)lebihbaik xvii dibandingkandengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hal tersebut terlihat pada rata-rata nilai siswakelas eksperimen 1(diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT) lebih besar dari kelas eksperimen 2(diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD) yakni (90,53 > 84,82).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: DUWI SAPUTRO
Date Deposited: 27 Aug 2015 03:07
Last Modified: 27 Aug 2015 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1886

Actions (login required)

View Item View Item