MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKADI SMK ISLAM 1 DURENAN TAHUN AJARAN 2014/2015

SARI, YUNI INDRIA (2015) MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKADI SMK ISLAM 1 DURENAN TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN YUNI.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIODATA YUNI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Buku bimbingan YUNI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN YUNI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Selesai Bimbingan YUNI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
Dokumentasi YUNI.pdf

Download (740kB)
[img] Text
lampiran jadi.pdf

Download (674kB)

Abstract

ABSTRAK Indria Sari, Yuni. NIM. 3214113177, 2015 “Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dalam Pembelajaran Matematika di SMK Islam 1 Durenan Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Hj. Elfi Mu’awanah, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa motivasi belajar merupakan hal yang mutlak perlu dimiliki oleh seorang siswa agar mendorong dirinya untuk mau belajar, khususnya pada pelajaran matematika. Hakikatnya motivasi belajar siswa ini berjalan beriringan dengan kemampuan dan kecerdasan siswa. Pada umumnya siswa yang memilki kemampuan dan kecerdasan yang sedang dan rendah, mereka memiliki tingkat motivasi belajar yang sedang bahkan rendah. Begitu sebaliknya dengan siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan yang tinggi, mereka cenderung memiliki motivasi belajar yang tinggi pula. Dalam hal ini peneliti membahas motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMK Islam 1 Durenan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dalam pembelajaran matematika di SMK Islam 1 Durenan? (2) Apa jenis motivasi belajar yang lebih dominan pada siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dalam pembelajaran matematika di SMK Islam 1 Durenan? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dalam pembelajaran matematika di SMK Islam 1 Durenan? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas XI TKJ dalam pembelajaran matematika di SMK Islam 1 Durenan. (2) Mendeskripsikan jenis motivasi belajar yang lebih dominan pada siswa kelas XI TKJ dalam pembelajaran matematika di SMK Islam 1 Durenan, (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar siswa kelas XI TKJ dalam pembelajaran matematika di SMK Islam 1 Durenan. Dengan demikian masalah mengenai motivasi belajar siswa di sekolah yang bersangkutan dapat diatasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan metode dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa sekaligus untuk melihat faktor motivasi apa yang dominan pada diri siswa kelas XI TKJ. Sedangkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan peneliti sebagai penguat dari hasil angket motivasi yang diberikan kepada siswa sekaligus untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar siswa kelas XI TKJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI TKJ SMK Islam 1 Durenan dalam pembelajaran matematika tergolong motivasisedang. Dengan jenis motivasi yang dominan pada siswa adalah jenis motivasi intrinsik yang berupa kemauan untuk belajar yang memang tergolong rendah. Faktor penghambat motivasi belajar siswa adalah diri siswa itu sendiri artinya memang kurang ada kemauan untuk belajar matematika pada diri siswa. Sedangkan faktor pendukungnya adalah fasilitias sekolah yang cukup lengkap seperti LCD dsb., serta adanya kerja sama pihak sekolah dengan wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: yuni indria sari
Date Deposited: 27 Aug 2015 03:26
Last Modified: 27 Aug 2015 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item