YENI PATMASARI, 17402163146 (2021) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (882kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (350kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (612kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (605kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (193kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Skripsi dengan judul “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional Ngadiluweh Kabupaten Kediri” yang di tulis oleh Yeni Patmasari, NIM. 17402163146, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, pembimbing Ahmad Syaichoni, M.Sy. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan tentang pemahaman pedagang terhadap etika bisnis islam . Etika bisnis islam yang memiliki beberapa prinsip harus dipahami oleh pedagang dan seberapa jauh pedagang dapat menerapkan etika bisnis islam dalam bertransaksi. Penerapan etika bisnis islam dapat dilihat pada transaksi yang terjadi di pasar tradisional. Dengan demikian berdasar pada permasalahan tersebut peneliti bermaksud mengamati penerapan etika bisnis islam yang terjadi di pasar tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman etika bisnis islam pedagang pasar taradisional Ngadiluweh Kabupaten Kediri, untuk mengetahui penerapan etika bisnis dalam transaksi jual beli di Pasar Ngadiluweh Kabupaten Kediri. Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah pedagang di pasar tradisional Ngadiluwih Kediri. Subjek penelitian diambil 8 pedagang, dengan rincian 2 pedagang ayam, 2 pedagang sembako, 2 pedagang sayur, 2 pedagang buah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pedagang di pasar tradisional ngadiluweh dalam menjalankan aktivitas bisnisnya telah memahami etika bisnis islam. Mereka memahami bahwa dalam berdagang harus menyertakan niat ibadah kepada Allah SWT, berlaku jujur, tidak membeda-bedakan siapa yang membeli, bersikap adil dalam timbangan, tidak menyembunyikan kecacatan barang dagangan, tidak memaksakan, memberi respon yang baik, selalu ramah kepada setiap pembeli yang dating, bertanggung jawab apa bila ada kerusakan barang. (2) Perilaku pedagang telah menerapkan prinsip etika bisnis islam, yang meliputi: prinsip keadilan, bersikap adil dan seimbang dalam timbangan. Prinsip kehendak bebasan, pedagang memberikan kebebasan kepada pedagang lain yang berjualan, tidak memaksakan kehendak para pembeli. Prinsip tanggung jawab, pedagang bertanggung jawab ketika ada konsumen yang komplen. Prinsip kebenaran yang diterapkan oleh para pedagang meliputi dengan berupaya untuk berkomunikasi dengan baik dan ramah. Kata kunci: etika, pedagang, transaksi, etika bisnis islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | SKRIPSI 17402163146 Yeni Patmasari |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 07:01 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 07:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18921 |
Actions (login required)
View Item |