PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA BURUH TANI (Studi Kasus Buruh Tani Dusun 2 Desa Kedungmaron Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun )

MUHAMMAD HARIS YURIO SETYAWAN, 17201163257 (2020) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA BURUH TANI (Studi Kasus Buruh Tani Dusun 2 Desa Kedungmaron Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun ). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Buruh Tani (Studi Kasus Desa Kedungmaron Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun)” ini ditulis oleh Muhammad Haris Yurio Setyawan NIM. 17201163257. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. Hj. Luluk ‘Atirotu Zahro, M.Pd Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Pelaksanaan Pendidikan Ibadah, Ibadah Shalat, Puasa, dan Zakat Penulisan ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada zaman sekarang banyak anak yang kurang atau belum paham dalam melaksanakan ibadah. Akan tetapi anak di Dusun 2 Desa Kedungmaron Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun sudah dibiasakan melaksanaakan ibadah dengan benar. Namun dalam lapangan terdapat beberapa anak belum bias dengan baik dalam beribadah. Untuk itu diperlukan pelaksanaan pendidikan ibadah dari orang tua untuk mengatasi permasalahahn tersebut. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan ibadah shalat dalam keluarga buruh tani? (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan ibadah puasa dalam keluarga buruh tani? (3) Bagaimana pelaksanaan pendidikan ibadah zakat dalam keluarga buruh tani? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pendidikan ibadah shalat dalam keluarga buruh tani. (2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pendidikan ibadah puasa dalam keluarga buruh tani. (3) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pendidikan ibadah zakat dalam keluarga buruh tani Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian ini penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian pendekatan studi kasus, Metode pengumpulan data observasi pertisipan, wawancara, dokumen. Teknik analisis data menggunakan model dari Miles and Hubarman berupa; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data : perpanjang keikutsertaan, ketekuan/keajegan pengamatan, dan trigulasi metode. Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) Keluarga buruh tani sangat memperhatikan ibadah shalat mulai dari tahap-tahap pelaksanaan shalat dan pendidikan shalat di pendidikan non formal dan metode praktik / pelatihan, dan pembiasaan yang sering dilakukan orang tua terhadap anak. (2) Keluarga buruh tani sangatlah baik dalam mengajarkan dengan memberi pengertian pentingnya berpusa.keluarga buruh tani dengan memberi pengertian pentingnya berpusa dan orang tua juga menggunakan cara pendidik anak dengan metode praktik / pelatihan adanya motivasi anak untuk giat berpuasa. (3) Keluarga buruh tani orang tua mendidik anak dengan metode teladan dengan cara meniru lingkungan sekitar terutama pengelolaan zakat sehingga anak bias meniru pelaksanaan ibadah zakat orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163257 MUHAMMAD HARIS YURIO SETYAWAN
Date Deposited: 26 Feb 2021 01:35
Last Modified: 28 Apr 2021 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18954

Actions (login required)

View Item View Item