ABDULATIF, MUHAMMAD (2015) STRATEGI USTADZ DALAM MEMBENTUK AKLHAK SANTRI DI MADRASAH DINIYAH BUSTANUL ULUM II NOTOREJO GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
cover depan.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Cover dalam.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO+ARAB.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Motto1.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
Persembahan.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Hasil Wawancara (CATATAN LAPANGAN).pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (131kB) |
||
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (271kB) |
||
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (198kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (351kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Ustadz dalam Membentuk Akhlak Santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum II Notorejo Gondang Tulungagung” di tulis oleh Muhammad Abdul Latif, NIM: 3211113128, pembimbing Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd Kata kunci: Strategi, Membentuk Akhlak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa seorang ustadz harus memiliki strategi yang tepat dalam membentuk akhlak santrinya, yang mana diharapkan santri-santri yang ada di Madrasah diniyah memiliki akhlak yang baik. Selain itu, dengan adanya strategi yang tepat dari ustadz, diharapkan bisa terhindar dari fenomena kemerosotan moral yang ada saat ini. Dunia pendidikan juga memiliki peran penting dalam pembentukan akhlak yang baik kepada anak, karena sejatinya potret akhlak para anak tersebut bisa menjadi ukuran dalam keberhasilan sebuah pendidikan Islam. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi ustadz dalam membentuk akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum II Notorejo Gondang Tulungagung. (2) Apa faktor penghambat dan pendukung strategi ustadz dalam membentuk akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum II Notorejo Gondang Tulungagung. Adapun tujuan dari strategi ustadz dalam membentuk akhlak santri yaitu Untuk mengetahui bagaimana strategi ustadz dalam membentuk akhlak santri dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung strategi ustadz dalam membentuk akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum II Notorejo Gondang Tulungagung. Dalam penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi Madrasah Diniyah Bustanul Ulum II Notorejo Gondang Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka strategi ustadz dalam membentuk akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum II Notorejo Gondang Tulungagung sebagai bahan refleksi ustadz dalam membentuk akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum II Notorejo Gondang Tulungagung Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu kualitatif. Metode dalam mengumpulkan data menggun tehnik observasi, wawancara (depth interview dan In-depth interview) dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan reduksi data, penyajian (Display) data, dan menarik kesimpulan (Verifikasi). Untuk menguji keabsahan data peneliti melakukan trianggulasi dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi ustadz dalam membentuk akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum II yang sesuai dengan fokus penelitiannya yaitu 1) Strategi ustadz dalam membentuk akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum II, yang meliputi: strategi kedisiplinan, strategi pembiasaan, strategi keteladanan, strategi anjuran, strategi ceramah, strategi sorogan dan pemberian hukuman. 2) Faktor penghambat dan pendukung xv strategi ustadz dalam membentuk akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum II. Faktor pendukung: memperoleh dana bantuan operasi sekolah daerah (BOSDA), mendapat dukungan dari wali santri dan masyarakat sekitar, adanya kesadaran dari santri, adanya semangat dan kerjasama dari ustadz dalam membentuk akhlak santri yang baik, lingkungan Madrasah Diniyah kondusif. Faktor penghambat: waktu yang terbagi dengan sekolah umum, latar belakang santri yang berbeda, dan masalah cuaca yang tidak menentu seperti ketika musim hujan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD ABDULATIF |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 03:56 |
Last Modified: | 20 Nov 2015 03:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1896 |
Actions (login required)
View Item |