RAHMANIA NURLAILI, 17210163012 (2020) PENGGUNAAN KONJUNGSI PADA TEKS EKSPLANASI KARYA SISWA KELAS VIII-C MTs ASWAJA TUNGGANGRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Konjungsi pada Teks Eksplanasi Karya Siswa Kelas VIII-C MTs Aswaja Tunggangri” ini ditulis oleh Rahmania Nurlaili NIM 17210163012, pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata kunci: Teks Eksplanasi, Konjungsi Kausalitas, Konjungsi Kronologis. Penelitian ini dilandasi oleh tingkat pencapaian keterampilan siswa kelas VIII-C MTs Aswaja Tunggangri dalam menulis teks eksplanasi yang masih rendah. Faktor yang memengaruhi rendahnya keterampilan siswa dalam menulis teks eksplanasi adalah keterbatasan pengetahuan siswa dalam menyusun teks eksplanasi yang sesuai dengan kaidah kebahasaan. Terdapat dua jenis kaidah kebahasaan yang menjadi ciri dalam penulisan teks eksplanasi, yaitu konjungsi kausalitas dan konjungsi kronologis. Pada penulisan teks eksplanasi karya siswa, masih banyak ditemukan ketidaktepatan siswa dalam menggunakan konjungsi kausalitas dan konjungsi kronologis dalam kalimat. Kurangnya pengetahuan siswa menjadikan maksud dan tujuan penulisan teks eksplanasi tidak tersampaikan dengan baik. Terkait dengan hal tersebut, peneliti menganalisis penggunaan konjungsi kausalitas dan kronologis pada teks eksplanasi karya siswa kelas VIII-C MTs Aswaja Tunggangri. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penggunaan konjungsi kausalitas pada teks eksplanasi karya siswa kelas VIII-C MTs Aswaja Tunggangri?; (2) bagaimana penggunaan konjungsi kronologis pada teks eksplanasi karya siswa kelas VIII-C MTs Aswaja Tunggangri? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan konjungsi kausalitas pada teks eksplanasi karya siswa kelas VIII-C MTs Aswaja Tunggangri; (2) mendeskripsikan penggunaan konjungsi kronologis pada teks eksplanasi karya siswa kelas VIII-C MTs Aswaja Tunggangri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C MTs Aswaja Tunggangri. Objek penelitian ini adalah teks eksplanasi karya siswa kelas VIII-C MTs Aswaja Tunggangri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan mengolah data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penggunaan konjungsi kausalitas pada teks eksplanasi karya siswa kelas VIII-C MTs Aswaja Tunggangri, yaitu konjungsi karena, sebab, disebabkan oleh, maka, sehingga, oleh sebab itu, dan oleh karena itu. Selain itu, ditemukan juga bentuk penggunaan konjungsi kausalitas yang tidak tepat, yaitu disebabkan, disebabkan karena, dan disebabkan akibat. Penggunaan konjungsi kausalitas yang dominan digunakan dan ditemukan kesalahannya adalah konjungsi sehingga dan disebabkan karena; (2) penggunaan konjungsi kronologis dalam teks eksplanasi karya siswa kelas VIII-C MTs Aswaja Tunggangri, yaitu konjungsi lalu, sebelum, setelah, setelah itu, dan kemudian. Selain itu, ditemukan juga bentuk penggunaan konjungsi kronologis yang tidak tepat, yaitu lalu setelah itu. Penggunaan konjungsi kronologis yang dominan digunakan siswa dan ditemukan kesalahannya adalah konjungsi setelah itu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan konjungsi kausalitas dan konjungsi kronologis pada teks eksplanasi karya siswa kelas VIII-C sebagian sudah tepat. Namun, masih banyak juga ditemukan penggunaan konjungsi kausalitas dan kronologis yang tidak tepat. Hal tersebut disebabkan oleh ketidaktepatan siswa dalam menempatkan konjungsi, memilih konjungsi, dan menggunakan bentuk konjungsi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210163012 Rahmania Nurlaili |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 06:36 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 02:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19031 |
Actions (login required)
View Item |