ZAHROTUS SAADAH, 17201163155 (2020) PERAN GURU PEDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (785kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pedidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Perilaku Keagamaan Peserta Didik di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Zahrotus Saadah, NIM 17201163155, Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil. I. Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama, Perilaku Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena krisis moral dan kenakalan remaja yang semakin meningkat. Hal ini terbukti dari banyaknya berita dan kasus kenakalan remaja yang tercatat dalam data KPAI. Peran Guru Pendidikan Agama sangat diperlukan dalam memperbaiki akhlak peserta didik dengan cara menumbuhkan perilaku keagamaan di sekolah. SMPN 1 Sumbergempol merupakan salah satu sekolah yang menerapkan perilaku keagamaan di sekolah. Hal ini dilatar belakangi dari pengamatan guru pada sebagian peserta didik yang belum bisa membaca al-Qur’an , mengerjakan shalat, serta berkelakuan kurang terpuji. Permasalahan seperti inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menelitinya lebih lanjut. Fokus Penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut; (1) Bagaimana peran Guru Pedidikan Agama Islam dalam menumbuhkan perilaku keagamaan salat dhuha di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung ?. (2) Bagaimana peran Guru Pedidikan Agama Islam dalam menumbuhkan perilaku keagamaan membaca al Qur’an di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung ?. (3) Bagaimana peran Guru Pedidikan Agama Islam dalam menumbuhkan perilaku keagamaan infaq Jum’at di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran Guru Pedidikan Agama Islam dalam menumbuhkan perilaku keagamaan salat dhuha di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan peran Guru Pedidikan Agama Islam dalam menumbuhkan perilaku keagamaan membaca al-Qur’an di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan peran Guru Pedidikan Agama Islam dalam menumbuhkan perilaku keagamaan infaq Jum’at di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi-nonpartisipan, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Peran Guru Pedidikan Agama Islam dalam menumbuhkan perilaku keagamaan salat dhuha pada diri peserta didik yaitu guru berperan sebagai pemimpin, pembimbing, teladan, dan motivator (2)Peran Guru Pedidikan Agama Islam dalam menumbuhkan perilaku keagamaan membaca al-Qur’an pada diri peserta didik yaitu guru berperan sebagai evaluator, pembimbing, teladan, dan motivator (3) Peran Guru Pedidikan Agama Islam dalam menumbuhkan perilaku keagamaan infaq Jum’at pada diri peserta didik yaitu guru berperan sebagai fasilitator, pembimbing, teladan, dan motivator.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163155 ZAHROTUS SAADAH |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 04:26 |
Last Modified: | 03 May 2021 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19038 |
Actions (login required)
View Item |