PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN FORMAL, PERHATIAN, SERTA PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

KHARIL NUR MUDAWAMAH, 17201163193 (2020) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN FORMAL, PERHATIAN, SERTA PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Formal, Perhatian, serta Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Fiqih di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Kharil Nur Mudawamah, NIM. 17201163193, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag. M. Pd., NIP. 197211271997032001. Kata kunci: Latar Belakang Pendidikan Formal, Perhatian, Pendapatan, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar anak, yang mana nilai mata pelajaran Fiqih-nya rendah dan belum mencapai KKM. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut adalah tingkat perhatian orang tua yang belum memberikan perhatian penuh dalam kegiatan belajar anak di rumah dan kurang peduli terhadap prestasi belajar anak, selain itu kebutuhan pendidikan anak kurang terpenuhi, sehingga motivasi belajar anak menurun. Rumusan Masalah ini adalah 1) Adakah pengaruh latar belakang pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar Fiqih di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?, 2) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Fiqih di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?, 3) Adakah pengaruh pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar Fiqih di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?, 4) Adakah pengaruh antara latar belakang pendidikan formal, perhatian, serta pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar Fiqih di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar Fiqih di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, 2) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Fiqih di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, 3) Untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar Fiqih di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, 4) Untuk mengetahui pengaruh antara latar belakang pendidikan formal, perhatian, serta pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar Fiqih di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Sultan Agung Jabalsari. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa MTs Sultan Agung Jabalsari yang berjumlah 78 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas VII, VIII, IX dengan metode proporsional random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 65 siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, yang terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, linieritas, multikolinieritas. Hasil penelitian 1) Ada pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan formal orang tua tehadap prestasi belajar Fiqih siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari, hal ini ditunjukkan dengan nila p-value sebesar 0,049 lebih kecildari taraf signifikansi 5% (0,049 < 0,05) dan nilai Thitung> Ttabel (2,831 > 1,99962), 2) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua tehadap prestasi belajar Fiqih siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari, hal ini ditunjukkan dengan nila p-value sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,001< 0,05) dan nilai T hitung> Ttabel (7,591 > 1,99962), 3) Ada pengaruh yang signifikan antara pendapatan orang tua tehadap prestasi Fiqih siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari, hal ini ditunjukkan dengan nila p-value sebesar 0,037 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,037<0,05) dan nilai Thitung> Ttabel (2,620 > 1,99962), 4) Ada pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan formal, perhatian, serta pendapatan orang tua tehadap prestasi Fiqih siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari, hal ini ditunjukkan dengan nila p-value sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000< 0,05) dan nilai Fhitung> Ftabel (21,084 > 2,75).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163193 KHARIL NUR MUDAWAMAH
Date Deposited: 09 Mar 2021 05:07
Last Modified: 27 Apr 2021 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19057

Actions (login required)

View Item View Item