MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (Studi Multikasusu di MIN 3 Magetan dan SDIT Al Uswah Magetan)

YUSNIA BINTI KHOLIFAH, 12502175012 (2021) MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (Studi Multikasusu di MIN 3 Magetan dan SDIT Al Uswah Magetan). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (756kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Disertasi dengan judul “Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Multikasus di MIN 3 Magetan dan SDIT Al Uswah Magetan)” ini ditulis oleh Yusnia Binti Kholifah dengan Promotor Prof. Dr. H. Ahyak, M.Ag. dan Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci : Manajemen Strategi, Mutu Sekolah Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh dampak era globalisasi dan industri yang menuntut adanya sumber daya manusia yang unggul. Sumber daya manusia yang unggul dicetak dari pendidikan yang bermutu sehingga memilih strategi yang tepat dalam menciptakan dan meningkatkan mutu sekolah yang bisa memberikan pendidikan yang bermutu menjadi sangat penting untuk segera dilakukan. Penelitian dalam disertasi ini difokuskan pada tahapan manajemen strategi, yaitu: (1) bagaimana perumusan strategi dalam meningkatkan mutu sekolah di MIN 3 Magetan dan SDIT Al Uswah Magetan?, (2) bagaimana implementasi strategi dalam meningkatkan mutu sekolah di MIN 3 Magetan dan SDIT Al Uswah Magetan?, dan (3) bagaimana evaluasi strategi dalam meningkatkan mutu sekolah di MIN 3 Magetan dan SDIT Al Uswah Magetan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multikasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui creadibility, transferability, dependability, dan confirmability. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Perumusan strategi dalam meningkatkan mutu sekolah meliputi a) pengembangan kurikulum berbasis karakter religius, b) pengembangan SDM berbasis profesionalisme religius, c) pengembangan sarana prasarana berbasis kemitraan, d) pengembangan lingkungan berbasis budaya sehat, dan e) pengembangan kesiswaan karakter religius dan berprestasi. (2) Implementasi strategi dalam meningkatkan mutu sekolah melalui: a) pengembangan kurikulum berbasis pembiasaan, b) pengembangan SDM berbasis nilai-nilai religius, kompetensi, dan motivasi, c) pengembangan sarana prasarana berbasis insindental kebutuhan, d) pengembangan lingkungan berbasis partisipatif, dan e) pengembangan kesiswaan berbasis motivasi dan pembiasaan. (3) Evaluasi strategi dalam meningkatkan mutu sekolah dilakukan secara terstruktur, semi terstruktur, dan nonterstruktur.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Doktor 12502175012 Yusnia Binti Kholifah
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:12
Last Modified: 29 Mar 2021 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19158

Actions (login required)

View Item View Item