Efektivitas Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di MAN Tulungagung 1 Tahun Ajaran 2013/2014

Mustaqim, Mohammad Alfan (2014) Efektivitas Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di MAN Tulungagung 1 Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 2014.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 2014.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 2014.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 20142.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 2014.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka 2014.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction), Hasil Belajar Presepsi siswa bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit, karena kurang menyenangkan dan hanya sebagian siswa tertentu yang dapat menguasai, telah menjadi penyebab bagi kurang berhasilnya pendidikan matematika. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengajak siswa aktif didalam kegiatan belajar dan mengajar serta menjadikan siswa untuk pampu mengembangkan melalui kretifitas masing-masing. Problem Based Instruction (PBI) merupakan salah satu model pembelajaran inkuiri, yaitu suatu rangkaian kegiatan belajar mengajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, analitis, dan logis sehingga dapat menemukan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Efektifitas Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di MAN Tulungagung 1?. 2) Seberapa Besar Efektifitas Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di MAN Tulungagung 1? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Efektifitas Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Peningkatkan Hasil Belajar Matematika di MAN Tulungagung 1. 2) Untuk mengetahui seberapa besar Efektifitas Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di MAN Tulungagung 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah selluruh siswa MAN Tulungagung 1. Sebagai sampel diampil 2 yaitu kelas X Unggulan IPA 1 Sebagai kelas eksperimen dengan penerapan Problem Based Instruction (PBI) sebanya 30 siswa dan kelas X Unggulan IPA 2 sebagai kelas kontrol atau dalam hal ini tanpa menggunakan Problem Based Instruction (PBI) sebanyak 30 siswa. Dalam penelitian ini digunkan teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan sekolah, populasi, sampel, profil madrasah dan data-data yang berhubungan dengan penelitian. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa setelah xiv diberi penerapan Problem Based Instruction (PBI) dan yang tanpa diberi penerapan Problem Based Instruction (PBI). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kriteria keefektifan dalam penelitian ini mengacu pada: Ketuntasan belajar, pembelajaran dapat dikatakan tuntas apabila sekurang-kurangnya 75 % dari jumlah siswa telah memperoleh nilai diatas KKM. Dari hasil penelitian ini terdapat suatu ke efektifan hasil belajar, yang dapat dilihat dari mayoritas atau >75% siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM. Siswa yang berada di kelas eksperimen yang mendapatkan nilai diatas KKM berjumlah 23 siswa dari 30 siswa jadi: hal ini juga diperkuat dengan hasil uji t dimana diketahui nilai thitung sebesar 4,942. Nilai t tersebut diperbandingkan dengan nilai ttabel (5%=2,000). Nilai t tersebut diperbandingkan dengan nilai ttabel (5%=2,000). Dimana dari nilai-nilai t ini dapat dituliskan bahwa thitung (4,942) > ttabel (2,000). Ini berarti bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikansi 5%, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima dan dapat disimpulkan bahwa bahwa Problem Based Instruction (PBI) efektif dalam belajar matematika. 2) Besaran Efektifitas Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di MAN Tulungagung 1 adalah 21,15% yang berarti sangat tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 19 Nov 2014 01:30
Last Modified: 19 Nov 2014 01:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item