PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VAK (VISUAL AUDITORY KINESTHETIC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS MAN 1 TRENGGALEK

HASBULLAH LUNG AZIS, 17209153026 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VAK (VISUAL AUDITORY KINESTHETIC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (521kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Skripsi Dengan Judul “Pengaruh Penggunaan Media Vak Visual Auditory Kinesthetic terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS MAN 1 Trenggalek” Ini di Tulis Oleh Hasbullah Lung Azis , NIM.. 17209153002, Pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd Penelitian ini di latar belakangi oleh Interaksi yang terjadi selama proses belajar tersebut dipengaruhi oleh lingkungannya, yang antara lain terdiri atas murid, guru, petugas perpustakaan, kepala sekolah, bahan atau materi pelajaran (buku, modul, selebaran, majalah, rekaman video atau audio dan yang sejenisnya). dalam hal ini peneliti akan menerapkan penggunaan media VAK (visual auditory kinesthetic) di mata pelajaran geografi pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah (1). Adakah pengaruh yang signifikan pembelajaran media VAK (Visual Auditory Kinesthetic) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI MAN Trenggalek (2). Adakah pengaruh yang signifikan pembelajaran media VAK (Visual Auditory Kinesthetic) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI MAN Trenggalek ? (3).Adakah pengaruh yang signifikan pembelajaran media VAK (Visual Auditory Kinesthetic) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI MAN Trenggalek? adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu seberapa pengaruh media VAK terhadap motivasi dan hasil belajar Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek. Manfaat bagi madrasah, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ada disekolah tersebut. Selain itu, hasil penelitian dapat digunakan sebagai salah satu alternatif metode yang dapat diterapkan oleh sekolah dalam pembelajaran karena tuntutan kurikulum yang ada sekarang. Penggunaan metode pembelajaran VAK Visual Auditory Kinesthetic sebesar 87,42 lebih besar daripada kelas kontrol sebesar 73,43 yang menggunakan pembelajaran ceramah. Dengan didukung nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi menunjukkan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran VAK Visual Auditory Kinesthetic terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas XI Ips MAN 1 Trenggalek. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis mengenai pengaruh metode pembelajaran VAK Visual Auditory Kinesthetic terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas XI Ips MAN 1 Trenggalek didapatkan hasil penelitian bahwa ada perbedaan rata-rata sebesar 87,42 nilai kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yang nilainya rata-ratanya 73,43. Dengan didukung nilai signifikansinya 0,000. Nilai signifikansi yang menunjukkan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran VAK Visual Auditory Kinesthetic terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas XI Ips MAN 1 Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: MAHASISWA 17209153002 Hasbullah Lung Aziz
Date Deposited: 18 Mar 2021 01:53
Last Modified: 27 Apr 2021 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19223

Actions (login required)

View Item View Item