MAYA NABILA, 17206163084 (2020) PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK A RA AL HIDAYAH JEKEK BARON NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (507kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (425kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul " Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini pada Kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk" ini ditulis oleh Maya Nabila NIM. 17206163084, dibimbing oleh Bapak Germino Wahyu Broto, M, Si. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berbicara Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya sistem pembelajaran saat ini, yang mendorong anak agar dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, terdapat berbagai pendekatan pembelajaran, pada kurikulum 2013 pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik, dimana pada pendekatan ini terdapat bergai kegiatan yang dapat melatih keterampilan berbicara anak. Fokus penelitian pada skripsi ini diantaranya adalah: 1) bagaimana perencanaan pembelajaran dalam pendekatan saintifik untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini pada kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk?; 2) bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini pada kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk?; 3) bagaimana hasil dan evaluasi dari penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini pada kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk?. Tujuan dilakukannya penelitian ini diantaranya adalah: 1) untuk menjelaskan bagaimana perencanaan pembelajaran dalam pendekatan saintifik untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini pada kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk? 2) untuk menjelaskan bagaiamana implementasi pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini pada kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk?; 3) untuk menjelaskan bagaimana hasil dan evaluasi penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini pada kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendekatan saintifik sangat optimal untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak karena terdapat banyak kegiatan yang melibatkan kemampuan berkomunikasi verbal (2) pendidik menstimulus agar kemampuan berbicara anak dapat berkembang dengan memberi pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban deskriptif, dan berkesinambungan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163084 Maya Nabila |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 03:02 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 03:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19224 |
Actions (login required)
View Item |