PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI MTSN 1 TRENGGALEK

EKA CANHYANINGTIAS, 17209163028 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI MTSN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (461kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ―Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di MTsN 1 Trenggalek‖ ini ditulis oleh Eka Cahyaningtias, NIM 17209163028, Dosen Pembimbing Anggoro Putranto, M.Sc Kata Kunci : Discovery Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar IPS Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran IPS di kelas dalam kondisi pasif sehingga minat dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Dalam proses belajar mengajar di sekolah peneliti berusaha mengatasi permasalahn tersebut dengan model pembelajaran Discovery Learning. Dalam pembelajaran menggunakan model Discovery Learning diharapkan dapat membantu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam belajar IPS. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar siswa IPS Terpadu kelas VII MTsN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2019/2020.x2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa IPS Terpadu kelas VII MTsN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2019/2020. 3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat dan hasil belajar siswa IPS Terpadu kelas VII MTsN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2019/2020.Tujuan dalam penulisan skripsi penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar siswa IPS Terpadu kelas VII MTsN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2019/2020.x2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa IPS Terpadu kelas VII MTsN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2019/2020.x3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat dan hasil belajar siswa IPS Terpadu kelas VII MTsN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen.xDengan model pembelajaran Discovery Learning sebagai variabel bebas, minat dan hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan yaitu tes soal, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VII-I sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas VII-K sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, angket, post-test untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :x(1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar yaitu diketahui Sig.(2-tailed) adalah 0,004 < 0,05,x(2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar yaitu diketahui Sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, (3)Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat dan hasil belajar siswa yaitu harga F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelompok memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,0

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163028 EKA CANHYANINGTIAS
Date Deposited: 07 Apr 2021 03:31
Last Modified: 07 Apr 2021 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19299

Actions (login required)

View Item View Item