Kinerja Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Islam Durenan (Studi Kasus Berdasarkan PERMENDIKANAS No. 35 Tahun 2010)

Mukminin, Khoirul (2014) Kinerja Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Islam Durenan (Studi Kasus Berdasarkan PERMENDIKANAS No. 35 Tahun 2010). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Kinerja Guru Mata Pelajaran, Aqidah Akhlak, PERMENDIKNAS No. 35 Tahun 2010 Penelitian yang berwujud kinerja guru mata pelajaran aqidah akhlak di SMP Islam Durenan Kabupaten Trenggalek ini hanya sebatas penelitian terhadap kinerja guru dalam lingkup sekolahan baik kegiatan yang dilakukan di dalam kelas selama proses pembelajaran berlangsung, maupun kegiatan yang memang telah ditentukan sekolah. Dengan demikian penulis meneliti kinerja guru mata pelajaran aqidah akhlak yang hanya berada di dalam sekolah saja. Dalam penelitian ini, penulis membatasi pokok bahasan guru mata pelajaran aqidah akhlak yang meliputi semua kegiatan yang dapat dapat dipandang terkait dengan pembelajaran perilaku akhlakul karimah para siswa, baik akhlak karimah secara vartikal kepada Allah maupun secara horisontal kepada sesama makhluk Allah. Berdasarkan persepsi dan asumsi penulis sebagaimana dipaparkan dalam latar belakang masalah di atas dapat ditentukan rumusan masalah seperti di bawah ini. 1.Bagaimana pengaturan beban kerja guru mata pelajaran aqidah akhlak di SMP Islam Durenan Kabupaten Treanggalek, 2. Bagaiman kinerja guru mata pelajaran aqidah akhlak terkait dengan beban kerjanya di SMP Islam Durenan Kabupaten Treanggalek Metode Penelitian: 1. Pendekatan penelitian: Kualitatif, 2. Pola penelitian: penelitian pendidikan, penelitian lapangan, dan studi kasus, 3. Kehadiran peneliti 4. Sumber data: Guru aqidah akhlak, Kepala Sekolah, dan siswa terkait, 5. Metode pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, 6. Data, 7. Metode analisis data, 8. Pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian: 1. Pengaturan beban kerja guru mata pelajaran aqidah akhlak di SMP Islam Durenan Kabupaten Treanggalek, adalah dengan menjadikan PERMENDIKNAS No. 35 Tahun 2010 sebagai acuan dalam memutuskan mengenai beban kerja minimal 24 jam tatap muka perminggu. Perlu diketahui bahwasanya viii dalam SMP Islam Durenan terdapat dua guru mata pelajaran aqidah akhlak, sehingga pengaturanya (7) kelas setara dengan 14 tatap muka dan (6) kelas setara dengan 12 tatap muka. Dan untuk memenuhi 24 jam tatap muka di tambah dengan ekstrakulikuler salaman dan TBTQ. 2. Kinerja guru mata pelajaran aqidah akhlak terkait dengan beban kerjanya di SMP Islam Durenan Kabupaten Treanggalek, adalah meliputi tiga tahapan; pertama tahap sebelum pengajaran: guru aqidah akhlak terlebih dahulu mempersiapkan PROTA, PROMES, SILABUS, dan RPP, selain itu juga memperhatikan bawaan peserta didik, perumusan tujuan pembelajaran dan jam yang tersedia. Kedua tahap pembelajaran: guru aqidah akhlak mempersiapkan peserta didik, penggunaan metode pembelajaran, penggunaan bahasa verbal dan non-verbal, mempertimbangkan prinsip-prinsip belajar, mendiaknosis kesulitan belajar, mempertimbangkan perbedaan individu; ketiga tahapan sesudah pengajaran guru aqidah akhlak mengadakan penilaian dengan UTS,UAS dan kelakuan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 20 Jan 2015 06:19
Last Modified: 20 Jan 2015 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item