ALVIN SUKMANA, 17201163306 (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH BERBASIS RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS SULTAN AGUNG SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (582kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (392kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah Berbasis Religius dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Alvin Sukmana, NIM. 17201163306. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs.Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah Berbasis Religius, Kinerja Guru, Meningkatkan Kinerja guru Kepala madrasah pada suatu lembaga pendidikan sangat esensial dan menentukan atas keberhasilan madrasah. Berhasil atau tidaknya penyelenggaraan pendidikan di madrasah, hal itu banyak bergantung pada kepala madrasah sebagai pemimpin dan penentu kebijakan. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah berbasis religiusdi MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. 2) Bagaimana kinerja guru di MTs. Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. 3) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah berbasis religius dalam meningkatkan kinerja guru di MTs. Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan kinerja guru di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah berbasis religius dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi lalu dianalisis secara induktif. Setelah melakukan penelitian kemudian memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Kepemimpinan kepala madrasah berbasis religious di Madrasah Tsanawiyah Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain dalam mengarahkan, memotivasi, dan usaha untuk kerjasama sesuai dengan alQur’an dan Hadis maupun Ijma’ untuk mencapai tujuan bersama. Adapun model kepemimpinan berbasis religious dapat dilihat dari syarat pemimpin berbasis religious yaitu: Pertama, aqidah salimah. Kedua memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas. Ketiga, akhlaqul karimah. Keempat, memiliki kecakapan manajerial. Ciri-ciri yang harus ada adalah menjunjung tinggi syariat dan akhlak Islam. Karakteristik yaitu: fathanah, istiqamah, ikhlas, berjiwa besar, bersikap syuja’ah, pekerja keras dan totalitas. Prinsip yang dijalankan dan yang dianut adalah musyawarah, keadilan dan kebebasan berpikir. Dan kriteria pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang dicintai oleh bawahan dan tegas.(2) Kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung tergolong baik. Tugas-tugas yang didelegasikan kepada para guru, baik sebagai pembantu kepala madrasah, seperti bidang kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat maupun sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran terlaksana secara tertib, dan lancar. Para guru melaksanakan tugastugas dengan kedisiplinan, dedikasi, dan tanggung jawab tinggi. (3) Kepemimpinan kepala madrasah berbasis religious dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung, merupakan salah satu model kepemimpinan yang sangat penting bagi kepala Madrasah untuk dimiliki dan dipertunjukkan kepada para guru yang menjadi bawahannya, karena kepala madrasah merupakan penentu kebijakan dan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan bersama. Selain itu, kepala madrasah merupakan tokoh panutan atau sentral yang segala tindakan, sikap, perbuatan, dan ucapannya menjadi teladan bagi para guru yang dipimpinnya. Dengan demikian, kepala madrasah harus selalu berusaha merealisasikan normanorma dan nilainilai kepribadian yang baik sesuai ajaran Islam ke dalam dirinya dan kemudian ditunjukkan kepada para guru yang dipimpinnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ALVIN 17201163306 SUKMANA |
Date Deposited: | 27 May 2021 05:12 |
Last Modified: | 27 May 2021 05:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19303 |
Actions (login required)
View Item |