PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS KETELADANAN DAN PEMBIASAAN (Studi Multi Situs di SMP Negeri 1 Srengat dan SMP Negeri 2 Srengat Kab. Blitar)

FUAD HASAN, 17506164026 (2018) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS KETELADANAN DAN PEMBIASAAN (Studi Multi Situs di SMP Negeri 1 Srengat dan SMP Negeri 2 Srengat Kab. Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (910kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pendidikan Karakter Religius Berbasis Keteladanan dan Pembiasaan (Studi Multi Situs di SMP Negeri 1 Srengat dan SMP Negeri 2 Srengat Kab. Blitar) ini ditulis oleh Fuad Hasan dengan dibimbing oleh. Prof. Dr. Akhyak, M.Ag. dan Dr. Susanto, M.Pd Kata Kunci: Karakter religius, Keteladanan, Pembiasaan Mengingat pentingnya peranan pendidikan karakter, baik dalam makna formal, yaitu penalaran dan pembentukan sifat siswa, maupun dalam makna material, yaitu penguasaan, penerapan dan keterampilan. Maka sudah seharusnya bahwa proses pembelajaran perlu perhatian secara serius di antaranya melalui pendidikan karakter dengan keteladanan dan pembiasaan perilaku Islami. Pendidikan harus dapat membekali peserta didik dengan kecakapan hidup yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan dan kebutuhan peserta didik. Penelitian dilakukan di SMP Negeri, adapun dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai yaitu: (1) Bagaimana pendidikan karakter religius berbasis keteladanan di SMP Negeri 1 Srengat dan pendidikan karakter religius berbasis keteladanan SMP Negeri 2 Srengat Kab. Blitar? (2) Bagaimana Pendidikan karakter religius berbasis pembiasaan di SMP Negeri 1 Srengat dan pendidikan karakter religius di SMP Negeri 2 Srengat Kab. Blitar? (3) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter religius berbasis keteladanan dan pembiasaan di SMP Negeri 1 Srengat dan SMP Negeri 2 Srengat Kab. Blitar? Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan multi situs, lokasinya di SMP Negeri 1 Srengat dan SMP Negeri 2 Srengat, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis situs tunggal dan analisis lintas situs, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pembahasan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian: 1) Pendidikan karakter religius berbasis keteladanan dapat dilakukan di luar pembelajaran dan di dalam pembelajaran, di luar pembelaj aran dilakukan dengan semua warga sekolah terutama guru dalam bertingkah laku senantiasa memberikan contoh yang baik, sedang di dalam pembelajaran dilakukan dengan memberikan kisah-kisah teladan, pemutaran film, menggunakan model pembelajaran dengan role playing dan storytelling. 2). Dalam pendidikan karakter religius berbasis pembiasaan, dimulai dari kegiatan harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. 3) Evaluasi pendidikan karakter religius berbasis keteladanan dan pembiasaan dilaksanakan ketika program menemuai hambatan atau hasil kurang maksimal, tidak semua program harus dirubah namun dengan memperbaiki kekurangan atau mengganti cara pelaksanaanya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164026 FUAD HASAN
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:34
Last Modified: 20 Apr 2021 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19341

Actions (login required)

View Item View Item