NURUL HIDAYAH, 17201163025 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH KARYA IMAM AL-GHAZALI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (389kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (534kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (671kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (369kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kitab Bidayatul Hidayah Karya Imam Al-Ghazali” ini ditulis oleh Nurul Hidayah, NIM. 17201163025, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I., NIP. 198008252006041007. Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Kitab Bidayatul Hidayah. Kehidupan masyarakat yang sedang memasuki era globalisasi dan serba modern saat ini, mengakibatkan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam kurang begitu diperdulikan. Nilai-nilai pendidikan Islam yang seharusnya ditanamkan sejak dini, lama kelamaan bergeser dengan kebiasaan baru masa kini yang sebagian kurang terpuji. Nilai-nilai pendidikan Islam dapat dikaji salah satunya dalam kitab kuning karya ulama-ulama Islam terdahulu. Kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali adalah salah satu kitab kuning yang berisi mengenai panduan setiap muslim dalam menjalani kehidupan sehari-hari guna mewujudkan muslim yang baik hubungannya dengan Allah SWT maupun dengan sesamanya. Meskipun kitab ini terkenal dengan kajian akhlaknya, namun sebenarnya ada beberapa nilai-nilai pendidikan Islam yang juga terkandung di dalamnya baik yang tersurat secara langsung maupun tersirat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana nilai nilai pendidikan Islam dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali?, (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali dengan kehidupan masa kini?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali, (2) Untuk menjelaskan relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali dengan kehidupan masa kini. Penelitian ini termasuk penelitian kepustkaan (library research), menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan dilihat dari sifatnya penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer (terjemah kitab Bidayatul Hidayah (Permulaan Jalan Hidayah) Karya al Imam Hujjatul Islam al-Ghazali yang diterjemahkan oleh Abu Ali al-Banjari an Nadwi) dan sumber data sekunder (buku, jurnal, dan sumber lain yang terkait dengan pembahasan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kitab Bidayatul Hidayah karya imam Al-Ghazali adalah nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Sedangkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Bidayatul Hidayah relevan untuk dipelajari, diresapi maknanya sertadipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari mengingat isi pembahasan dalam kitab ini mengenai adab-adab dan tata cara berhubungan/ berinteraksi dengan Allah Sang Pencipta dan dengan sesama makhluk mengingat saat ini masyarakat sedang menghadapi dampak globalisasi dan kemerosotan nilai-nilai Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163025 NURUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 05 May 2021 02:28 |
Last Modified: | 05 May 2021 02:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19370 |
Actions (login required)
View Item |