PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

LAILI NUR AFIFAH, 12506184029 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (199kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis website dirancang untuk mempermudah proses belajar siswa. Kelebihan dari media ini adalah menyediakan materi berupa visual, audio, dan audiovisual. Selama ini, siswa mengalami kesulitan karena adanya rangkaian cerita yang harus dipahami dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Salah satu materi yang dianggap sulit adalah jejak peradaban dinasti Abbasiyah. Metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar adalah ceramah, sehingga dianggap kurang menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana desain media pembelajaran website pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi jejak peradaban dinasti Abbasiyah kelas VIII MTsN 2 Tulungagung? 2) Apakah penggunaan media pembelajaran berbasis website mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi jejak peradaban dinasti Abbasiyah kelas VIII MTsN 2 Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatifdan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran menunjukkan bahwa : 1) Desain media pembelajaran berbasis website terdiri dari menu kompetensi inti dan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, peta konsep, materi, video, audio, ringkasan materi, soal, dan petunjuk penggunaan website. 2) Hasil Independent Sample T Test menunjukkan nilai sig (2-tailed) adalah 0,000. Nilai tersebut kurang dari 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan sesudah proses pembelajaran. Hasil belajar siswa lebih tinggi setelah menggunakan website. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 1721143202 Laili Nur Afifah
Date Deposited: 28 May 2021 06:42
Last Modified: 28 May 2021 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19427

Actions (login required)

View Item View Item