PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS HUMANISTIK DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING (Studi Multikasus di SMA Negeri 1 Panggul dan SMK Negeri 1 Panggul Kabupaten Trenggalek)

AFAD ABDUL GHOFUR, 12506174006 (2019) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS HUMANISTIK DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING (Studi Multikasus di SMA Negeri 1 Panggul dan SMK Negeri 1 Panggul Kabupaten Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran PAI Berbasis Humanistik dengan Pedekatan Active Learning (Study Multikasus di SMA N 1 Panggul Trenggalek dan SMK N 1 Panggul Trenggalek)” ini ditulis oleh Afad Abdul Ghofur dengan dibimbing oleh Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. dan Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran PAI ,Humanistik, Active Learning,. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingin tahuan penulis dalam pelaksanaan,langkah-langkah dan hasil dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang ada di SMA N 1 dan SMK N 1 Panggul Trenggalek , pembelajaran PAI berbasis humanistik dengan pendekatan active learning masih jarang digunakan dalam pembelajaran PAI . Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis humanistik dengan pendekatan active learning di SMA N 1 Panggul Trenggalek dan SMK N 1 Panggul Trenggalek; (2) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis humanistik dengan pendekatan active learning di SMA N 1 Panggul Trenggalek dan SMK N 1 Panggul Trenggalek; (3) Bagaimana hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis humanistik dengan pendekatan active learning di SMA N 1 Panggul Trenggalek dan SMK N 1 Panggul Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan studi multi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisiapan,wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Model analisis data meliputi analisis masing-masing kasus dan lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI berbasis humanistik dengan pendekatan active learning yang diterapkandi SMA N 1 Panggul Trenggalek dan SMK N 1 Panggul Trenggalek dapat penulis simpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis humanistik dengan pendekatan active learning di SMA N 1 Panggul Trenggalek dan SMK N 1 Panggul Trenggalek diwujudkan dalam beberapa komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, pemilihan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan isi/materi pelajaran serta guru dan siswa. (2) langkah-langkah pembelajaran dapat dikembangkan ke dalam 8 tahap sebagai berikut: orientasi, pembentukan kelompok, penugasan kerja kelompok, eksplorasi, presentasi materi dalam kelas, pengecekan pemahaman dan pendalaman materi, refleksi dan umpan balik, dan evaluasi formatif. (3). Hasil pembelajaran PAI berbasis humanistik dengan pendekatan active learning dalam proses pembelajaran PAI dapat mengembangkan ranah potensi peserta didik secara seimbang.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174006 AFAD ABDUL GHOFUR
Date Deposited: 28 May 2021 08:22
Last Modified: 28 May 2021 08:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19430

Actions (login required)

View Item View Item