IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEAM PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PRAKTOM 4 ADNIIN PHATNA WITYA DEMONSTRATION SCHOOL YALA THAILAND 2019-2020

FINA FARIDATUN NADA, 17205163341 (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEAM PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PRAKTOM 4 ADNIIN PHATNA WITYA DEMONSTRATION SCHOOL YALA THAILAND 2019-2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendekatan STEAM Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Prakthom IV Adniin Phatnawitya Demonstration School Yala Thailand 2019-2020” ini di tulis oleh Fina Faridatun Nada, NIM. 17205163341 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Pendekatan STEAM, IPA, Kreativitas Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan yang dihadapkan pada persiapan generasi abad 21. Pada kurikulum 2013, tuntutan pada tiap kompetensi meliputi tiga ranah, yaitu ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Kurikulum ini juga mengupayakan peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard skills dan soft skills. Phatnawitya Demonstration School Yala Thailand merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam swasta yang dipimpin oleh Ibu Dr. Ninawal Panakaseng, dimana telah menerapkan pendekatan STEAM dalam proses pembelajaran IPA untuk mengembangkan soft skills siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan pendekatan STEAM pada pembelajaran IPA siswa prakthom IV Adniin Phatnawitya Demonstration School Yala Thailand? (2) Bagaimana tahapantahapan penerapan pendekatan STEAM pada pembelajaran IPA siswa prakthom IV Adniin Phatnawitya Demonstration School Yala Thailand? (3) Bagaimana implikasi pendekatan STEAM pada pembelajaran IPA terhadap kreativitas siswa prakthom IV Adniin Phatnawitya Demonstration School Yala Thailand. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru Ipa prakthom IV, dan guru Internasional dari Indonesia. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan (1) pendekatan STEAM pada pembelajaran IPA diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran aktif (Active Learning Models) (2) Tahapan penerapan pembelajaran IPA berbasis STEAM disesuaikan dengan model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran aktif (Active learning model). Adapun tahapan penerapannya yaitu pertama kegiatan pendahuluan (Preliminary activities), kedua pengalaman (experience), tahap ketiga diskusi kelompok (Discussion), tahap ke empat yaitu presentasi (presentation), dan tahap yang terakhir yaitu refleksi dan evaluasi (reflection and evaluation) (3) Penerapan pendekatan STEAM pada pembelajaran IPA siswa prakthomIV Adniin Phatnawitya Demonstration School Yala Thailandberimplikasi baik terhadap kreativitas siswa. Melalui pengintegrasian mata pelajaran seni ke dalam pembelajaran IPA, siswa lebih tertarik dan lebih kreatif dalam menghasilkan sebuah karya sains.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163341 FINA FARIDATUN NADA
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:49
Last Modified: 14 Jun 2021 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19467

Actions (login required)

View Item View Item