KHOLIFATUN NISA’, 17205163093 (2020) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATAKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI MIN 2 LAMONGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (992kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (767kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (397kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan kualitas Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 di MIN 2 Lamongan” ini ditulis oleh Kholifatun Nisa’, NIM 17205163093, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tariyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag, NIP.19760272005011005 KATA KUNCI : Kreativitas guru, Kualiatas Pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa tematik kurikulum 2013 itu dianggap pembelajaran yang sulit dimengerti, membingungkan, membosankan dan terkesan membebankan pada siswa. Sehingga diperlukan kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Dengan mengembangkan strategi, metode serta media pembelajaran yang bervariatif maka peserta didik akan lebih antusias dan tertarik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tematik. Fokus Penelitian dalam penulisan skrisi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tematik kurikulum 2013 di MIN 2 Lamongan? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tematik kurikulum 2013 di MIN 2 Lamongan? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tematik kurikulum 2013 di MIN 2 Lamongan? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendiskripsikan bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di MIN 2 Lamongan. (2) Mendiskripsikan bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di MIN 2 Lamongan. (3) Mendiskripsikan bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di MIN 2 Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif, lokasi penelitian di MIN 2 Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi data. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data diantaranya perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan dan triangulasi dataHasil Penelitian mengungkapkan bahwa: Kreativitas Guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran adalah dengan memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi, kondisi serta karakteristik peserta didik sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai, dan diditerapkan sesuai dengan RPP yang telah dibuat sebelumnya (2) pengembangan metode pembelajaran yang dilakukan guru tematik yaitu mengembangkan metode pembelajaran dengan tidak hanya disampaikan dengan satu metode dalam satu pertemuan, yaitu menggunakan beberapa metode bisa 2-3 metode pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran saat itu, metode yang paling efektif digunakan yaitu metode tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi, metode role playing, problem solving, metode yang out of the box menurut guru yaitu metode problem solving dan tanya jawab, menggunakan 5M (mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan). (3) pengembangan media pembelajaran yang dilakukan guru tematik yaitu dengan menggunakan media yang beragam dan bervariasi, yaitu menggunakan media visual, audiovisual, media alam, media tradisional, selain itu pemilihan media sesuai materi, situasi, kondisi, sarana prasarana serta kemampuan guru dalam mengembangkannya selain itu media juga harus tepat guna ketika digunakan dalam proses pembelajaran. Media yang paling efektif yaitu media alam dan media visual yaitu guru membuat sendiri media dengan alat sekitar dan mudah ditemui. Media out of the box menurut guru yaitu media visual yang pengembangan pembuatannya dapat melibatkan siswa secara langsung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163093 KHOLIFATUN NISA’ |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 05:08 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 05:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19480 |
Actions (login required)
View Item |