PENGGUNAAN METODE BERCERITA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL POJOK WATES KEDIRI

DIYAH KURINIA RUSNING ATI, 17206163029 (2020) PENGGUNAAN METODE BERCERITA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL POJOK WATES KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (350kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK Diyah Kurinia Rusning Ati, 2020. "Penggunaan Metode Bercerita Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 tahun Selama Pandemi Covid-19 di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Pojok Wates Kediri" Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak usia Dini, IAIN Tulungagung, Pembimbing Arman Marwing, M.A. Kata Kunci : Metode Bercerita, Kemampuan Bahasa Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya keterlambatan perkembangan bahasa pada anak usia dini pada tingkat pendidikan taman kanak-kanak. Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang penting untuk anak, karena dengan berkomunikasi lewat bahasa anak juga dapat mengembangkan aspek perkembangan yang lainnya. Sehingga peneliti tertarik untuk menggali dan mengetahui lebih dalam tentang bagaimana perkembangan bahasa pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pojok Wates Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru dan wali murid anak, juga data-data yang berkaitan dengan penerapan metode bercerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan penggunaan metode bercerita adalah mulai dari penyusunan progam pembelajaran (Prota, Prosem, RPPM, RPPH), mempersiapkan dan pengecekan media yang akan digunakan, dan mengikuti pelatihan tentang metode bercerita. (2) pelaksanaan penggunaan metode bercerita mulai dari menyiapkan media yang akan digunakan, menata karpet, anak antri berbaris cuci tangan sebelum masuk kelas, menata sepatu pada rak sepatu, mengatur posisi duduk anak dengan melingkar, lalu kegiatan bercerita dimulai dari tema, pengenalan tokoh, menceritakan kembali isi cerita, setelah selesai bercerita adalah penyampaian pesan moral dan tanya jawab. (3) Evaluasi dari penggunaan metode bercerita adalah mengamankan media yang akan digunakan yang telah dipersiapkan, memberi hadiah / reward pada anak yang menaati peraturan pada saat kegiatan bercerita, memisah posisi duduk anak yang suka mengganggu temannya / gaduh saat kegiatan bercerita. Penelitian ini dapat berkontribusi dalam memberikan gambaran secara tertulis tentang perkembangan bahasa pada anak usia dini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163029 DIYAH KURINIA RUSNING ATI
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:23
Last Modified: 02 Jun 2021 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19485

Actions (login required)

View Item View Item