Pembinaan Membaca Al Qur’an untuk Membangun Kesehatan Mental Siswa di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014

Zulaikho, Intan (2014) Pembinaan Membaca Al Qur’an untuk Membangun Kesehatan Mental Siswa di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL BARU.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (231kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini, yang dihadapkan pada tantangan zaman. Dalam menghadapi tantangan tersebut, siswa harus memiliki pedoman yang kuat, salah satunya yaitu Al Qur’an. Agar siswa tersebut mau rajin membaca Al Qur’an yang dapat membangun kesehatan mentalnya yang dapat berpengaruh pada perilaku sehari-harinya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana cara pembinaan membaca Al Qur’an untuk membangun kesehatan mental siswa di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek?, 2) Apa faktor pendukung dalam pembinaan membaca Al Qur’an untuk membangun kesehatan mental siswa di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek?, 3) Apa faktor penghambat dalam pembinaan membaca Al Qur’an untuk membangun kesehatan mental siswa di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui cara pembinaan membaca Al Qur’an untuk membangun kesehatan mental siswa di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam pembinaan membaca Al Qur’an untuk membangun kesehatan mental siswa di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek, 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam pembinaan membaca Al Qur’an untuk membangun kesehatan mental siswa di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek. Sedangkan metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 yaitu responden yang terdiri dari sebagian guru (guru yang mengajar keislaman), dan informan yang terdiri daari kepala sekolah dan staf TU, dan ditambah dengan dokumen/arsip sebagai data pendukung. Teknik analisa data,meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan metode di atas memperoleh hasil bahwa 1) Pembianaan membaca Al Qur’an untuk membangun kesehatan mental siswa di SMP Islam Al Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek yaitu dengan mengadakan kegiatan rutin tartil Al Qur’an setiap pagi sebelum jam pelajaran dimulai, memilih metode yang tepat, membina siswa untuk menjaga adab dalam membaca Al Qur’an, guru memberikan motivasi untuk mencintai Al Qur’an dan guru membina dengan penuh ketelatenan, 2) Faktor pendukung dalam pembinaan membaca Al Qur’an untuk membangun kesehatan mental siswa di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek adalah kegiatan membaca Al Qur’an dilaksanakan dengan rutin, adanya materi keagamaan yang berkaitan dengan Al Quran, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, dan dukungan dari orang tua siswa, 3) Faktor penghambat dalam pembinaan membaca Al Qur’an untuk membangun kesehatan mental siswa di SMP xvi Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek adalah kurang disiplinnya siswa dalam mengikuti kegiatan, kurangnya perhatian atau kontrol dari orang tua untuk mengajari anaknya membaca Al Qur’an di rumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 01 Dec 2014 03:44
Last Modified: 01 Dec 2014 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item