STRATEGI PEMBENTUKAN SIKAP RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM MADRASAH DINIYAH (MADIN) (Studi Multisitus Di SMP Islam Bayanul Azhar Sumbergempol dan SMP Islam Al Hikmah Melathen Tulungagung)

ULVIA FATKURIN FUAD, 12506184050 (2020) STRATEGI PEMBENTUKAN SIKAP RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM MADRASAH DINIYAH (MADIN) (Studi Multisitus Di SMP Islam Bayanul Azhar Sumbergempol dan SMP Islam Al Hikmah Melathen Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembentukan Sikap Religius Siswa Melalui Program Madrasah Diniyah (MADIN) (Studi Multisitus Di SMP Islam Bayanul Azhar Sumbergempol dan SMP Islam Al Hikmah Melathen Tulungagung” ini ditulis oleh Ulvia Fatkurin Fuad, NIM. 12506184050. Pembimbing oleh Prof. Dr. Sokip, M.Pd.I dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Pembentukan Sikap Religius, Madrasah Diniyah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku yang menyimpang dikalangan anak remaja, salah satunya permasalahan krisis moral siswa di sekolah. Era globalisasi yang pesat dan bebas dapat merusak iman, ibadah dan akhlak siswa apabila tidak mendapatkan bimbingan atau arahan dari orangtua dan guru, serta pihak sekolah dalam membentuk sikap religius siswa. SMP adalah pendidikan yang menekankan pada pelajaran umum namun berbeda dengan SMP Islam Bayanul Azhar dan SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung, sekolah memiliki program pembelajaran madin yang mengkaji kitab-kitab yang disesuaikan dengan umur anak serta dapat menjadikan kebiasaan yang membentuk sikap religius siswa, seperti sikap akidah, ibadah dan akhlak siswa dilingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pembentukan akidah siswa melalui program madrasah diniyah? (2) Bagaimana strategi pembentukan ibadah siswa melalui program madrasah diniyah? (3) Bagaimana strategi pembentukan akhlak siswa melalui program madrasah diniyah? Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, jenis penelitian field research, dan rancangan penelitian yaitu multi situs. Sumber data penelitian terdiri dari informan, peristiwa, lokasi, dan dokumen, teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, interview mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Analisis data tunggal dimaksudkan untuk menjabarkan temuan–temuan dari kedua sekolah. Sedangakan, analisis lintas situs dimaksudkan sebagai proses membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing situs sekaligus sebagai proses memadukan temuan antar situs. Hasil penelitian di SMP Islam Bayanul Azhar Sumbergempol dan SMP Islam Al Hikmah Melathen Tulungagung terkait strategi pembentukan sikap religius siswa melalui program madrasah diniyah (MADIN) adalah: (1) akidah: SMP Islam Bayanul Azhar Sumbergempol pada aspek keimanan melalui mengkaji kitab aqidatul awam lebih dalam dan melalui pengajaran dengan metode kisah, menerjemahkan asmaul husna, dan Memahami sifat wajib Allah. Sedangkan di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung melalui internalisasikan makna rukun iman, dan menghafal asmaul husna beserta artinya (2) ibadah: SMP Islam Bayanul Azhar Sumbergempol yaitu menanamkan nilai-nilai syariat islam,membiasakan sholat berjamaah. Sedangkan di SMP Al Hikmah dengan pembiasaan mengajarkan tuntunan ibadah dan doa-doa, membiasakan ibadah mahdhah dan ghoiru mahdhah, serta ke maqom dalam rangka dzikir bersama. (3) akhlak: SMP Islam Bayanul Azhar Sumbergempol dengan menginternalisasikan nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran kitab matlab dan mencerminkan akhlak mahmudah siswa. SMP Al Hikmah Melathen melalui kajian adabul alim wal muta’alim, toleransi, menghormati guru, teladan, membangun lingkungan yang Islami dengan mengadakan aktivitas yang berbau Islami seperti hadroh, pidato, dan tadarus Al-Quran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506184050 ULVIA FATKURIN FUAD
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:23
Last Modified: 14 Jun 2021 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19593

Actions (login required)

View Item View Item