PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH PERWANIDA BLITAR

DANAR NANDA RACHMAWATI, 12505184007 (2020) PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH PERWANIDA BLITAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (34MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK Danar Nanda Rachmawati. 12505184007. 2020. Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, dan Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MI Perwanida Blitar. Program Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing : (1) Dr. Prim Masrokan Mutohar, M. Pd. (2) Dr. H. Kojin, MA. Kata Kunci : Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Budaya Sekolah, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengendalian diri siswa dalam proses pembelajaran yang rata-rata masih kurang. Kecerdasan spiritual mampu menumbuhkan suatu dorongan dan motivasi. Kecerdasan emosional sangatlah penting untuk proses pengendalian diri siswa dalam situasi apapun. Budaya sekolah ikut berperan penting untuk mendorong motivasi belajar siswa. Salah satu motivasi yang ada dalam diri manusia adalah motivasi untuk belajar. Motivasi dalam belajar sangat dibutuhkan peserta didik untuk mencapai suatu prestasi belajar. Dengan adanya kecerdasan spiritual yang tinggi, kecerdasan emosional siswa pun diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, serta budaya sekolah yang harus mereka patuhi disekolah, maka kemungkinan dapat meningkatkan motivasi dalam diri peserta didik, termasuk motivasi belajar. Diharapkan dalam penelitian ini dapat mempengaruhi kemampuan berfikir kritis tidak mudah menyerah dan mudah mengendalikan diri siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Seberapa tinggi tingkat kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, budaya sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar? 2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar? 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar? 4) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar? 5) Adakah pengaruh hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar? 6) Adakah pengaruh hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dan budaya sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar? 7) Adakah pengaruh hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan budaya sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar? 8) Adakah pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan budaya sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar? Penelitian ini adalah penelitian kunatitatif dengan jenis analisis deskriptif. Uji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan Uji Statistik Deskriptif dan Manova. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV, V, VI MI Perwanida Blitar yang berjumlah 395 peserta didik. Tekhnik sampling dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 162 peserta didik. Hasil penelitiannya adalah menunjukkan rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : 1) rata-rata sangat tinggi dan tinggi tingkat anak dalam memahami kecerdasan spiritual, emosional, budaya sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar. 4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar. 5) Ada pengaruh hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar. 6) Ada pengaruh hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dan budaya sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar. 7) Ada pengaruh hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan budaya sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar. 8) Ada pengaruh hubungan positif dan signifikan secara Bersama-sama antara kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan budaya sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MI Perwanida Blitar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Psikologi > Psikologi kepribadian
Psikologi > Psikologi pendidikan
Psikologi > Psikologi perkembangan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: DANAR 12505184007 DANAR NANDA RACHMAWATI
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:46
Last Modified: 10 Jun 2021 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item View Item