PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multisitus di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 1 Udanawu Blitar)

FAHIMA ARIANI, 12506174023 (2019) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multisitus di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 1 Udanawu Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fahima Ariani, 12506174023, tesis dengan judul “Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Multi Situs di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 1 Udanawu)” Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pscasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing oleh Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I dan Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata Kunci: Pemanfaatan Lingkungan, Lingkungan Alam Asli, Llingkungan Sosial, Lingkungan Buatan, Sumber Belajar, Motivasi Belajar. Proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan dapat disampaikan secara aktif dan menyenangkan karena secara lahiriah anak lebih suka berada dalam ruangan yang informal, terbuka dan bebas dibandingkan dengan suasana yang formal, tertutup dengan lingkungan yang terbatas. Gurupun dalam proses pembelajaran juga sering menggunakan sumber belajar lingkungan sehingga anak dapat menikmati waktu sekolah mereka dan diharapkan motivasi mereka untuk belajar semakin meningkat. Lingkungan yang dihadirkan dalam pembelajaran dapat membuat peserta didik termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Motivasi siswa terlihat dari antusias mereka saat mengikuti pelajaran. Guru-guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas. Siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari proses mencoba sendiri sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya. Lingkungan dapat memberikan kesempatan yang baik serta memberikan dorongan atau motivasi terhadap pembentukan dan perkembangan anak. Fokus dalam penulisan tesis ini adalah lingkungan alam murni, sosial, dan buatan manusia serta motivasi belajar berdasarkan teori motivasi Keller dalam pembelajaran PAI kelas VII dan VIII Bab Shalat di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 1 Udanawu Blitar. Adapun pertanyaan-pertanyaan penelitiannya adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pemanfaatan lingkungan alam asli sebagai sumber belajar dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 1 Udanawu Blitar? (2) Bagaimana pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 1 Udanawu Blitar? (3) Bagaimana pemanfaatan lingkungan buatan manusia sebagai sumber belajar dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 1 Udanawu Blitar? Jenis penelitian ini adalah fiel research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian ini adalah SMPP Alam Al Ghifari Blitar dan SMP Negeri 1 Udanawu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, display data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan Lingkungan alam asli yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan mengajak siswa pergi ke mbelik dan pemanfaatan tanah atau debu. 2) Pemanfaatan Lingkungan sosial yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan mengajak siswa menjenguk teman atau guru yang sakit, memberi bantuan siswa kurang mampu, dan memberi bantuan warga sekitar sekolah yang kurang mampu. 3) Pemanfaatan Lingkungan buatan manusia yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan mushalla dan perpustakaan. Hasil penelitian ini hanya bersumber dari satu fenomena dalam lingkup yang kecil, yaitu dua lokasi penelitian. Agar diperoleh konsep-konsep, kategori-kategori yang lebih luas, dan dapat menjadi pendukung/ penyempurna satu sama lain mengenai pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam, maka perlu untuk dikembangkan kembali melalui penelitian lebih lanjut dengan melihat berbagai macam aspek yang memiliki keterkaitan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174023 FAHIMA ARIANI
Date Deposited: 11 Jun 2021 06:56
Last Modified: 11 Jun 2021 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19649

Actions (login required)

View Item View Item