OKKY KHARISMAWAN, 12401173140 (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (821kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (569kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (726kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (553kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (411kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (633kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Strategi Pemasaran Yang Efektif Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Mudharabah Pada Baitul Maal wat Tamwil Pahlawan Tulungagung” ini ditulis oleh Okky Kharismawan, NIM. 12401173140, pembimbing Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Banyaknya sektor perbankan yang mengalami penurunan pendapatan, terutama BMT. Untuk dapat mempertahankan jumlah nasabah agar tidak menurun, perlu adanya strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah, khususnya produk tabungan mudharabah. Tujuan penelitian untuk meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan mudharabah melalui strategi pemasaran. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana Implementasi Strategi Pemasaran yang efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan mudharabah pada BMT Pahlawan Tulungagung? 2) Apa Kendala-kendala yang mempengaruhi strategi pemasaran Produk Tabungan Mudharabah pada BMT Pahlawan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dari data primer yaitu data yang bersumber dari hasil penelitian lapangan meliputi wawancara dengan staf, manajer dan nasabah, serta data sekunder diperoleh dari buku referensi, jurnal, dan website lembaga penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan mudharabah menggunakan strategi marketing mix atau bauran pemasaran yang mencakup 4P yaitu Product, Price, Place, Promotion. Dan strategi jemput bola. 2) Kendala-kendala yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah banyaknya persaingan lembaga keuangan terutama berbasis syariah, kendala dari media sosial yang belum baik dalam pengelolaannya untuk pemasaran secara online, untuk promosi belum terlalu optimal ditambah beberapa masyarakat yang kurang memahami mengenai produk-produk yang ditawarkan BMT. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Nasabah, Tabungan Mudharabah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | S1 12401173140 Okky Kharismawan |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 02:07 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 02:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19650 |
Actions (login required)
View Item |