KEPEMIMPINAN VISIONER KYAI DALAM MANAJEMEN sekolah BERBASiS PESANTREN (Studi Multi Situs di SMP Islam Kota Blitar dan SMP Nabawi Maftahul Ulum Jatinom Blitar)

IMAM MAHMUD, 1751144011 (2016) KEPEMIMPINAN VISIONER KYAI DALAM MANAJEMEN sekolah BERBASiS PESANTREN (Studi Multi Situs di SMP Islam Kota Blitar dan SMP Nabawi Maftahul Ulum Jatinom Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (402kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “kepemimpinan Visioner Kyai dalam Manajemen Sekolah berbasis Pesantren (studi Multi Situs Di SMP Islam Kota Blitar dan SMP Nabawi Maftahul Ulum) ini ditulis oleh Imam Mahmud dengan dibimbing oleh Prof. Dr.H.Achmad Patoni, M.Ag dan Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd Kata Kunci : Kepemimpinan, Visi, Kyai, Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh pengelolan lembaga dan kelangsungan hidup suatu pesantren sangat bergantung kepada “daya tarik” tokoh sentral (kyai atau guru) yang memimpin, meneruskan dan mewarisinya. Jika pewaris menguasai sepenuhnya baik pengetahuan keagamaan, wibawa, ketrampilan mengajar dan kekayaan lainnya yang diperlukan, maka umur pesantren akan bertambah lama. Sebaliknya pesantren akan menjadi mundur dan mungkin menghilang jika keturunan kyai yang mewarisinya tidak memenuhi persyaratan. Jadi seorang figur pemimpin pesantren memang sangat menentukan dan diperlukan. Kepemimpinan visioner Kyai merupakan kemampuan Kyai dalam mencipta, merumuskan, mengkomunikasikan, mensosialisasikan, mentransformasikan dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran ideal yang berasal dari dirinya atau sebagai hasil pengetahuan interaksi sosial dalam rangka memanajemen pesantren termasuk dalam mengelola lembaga pendidikan sekolah yang berbasis pesantren pesantren Rumusan masalah dalam tesis ini adalah : (1) Bagaimana visi Kyai dalam manajemen sekolah berbasis pesantren di SMP Islam Kota Blitar dan SMP Nabawi Maftahul Ulum Jatinom Blitar?: (2) Bagaimana strategi Kyai untuk mewujudkan visi dalam menajemen berbasis sekolah pesantren di SMP Islam Kota Blitar dan SMP Nabawi Maftahul Ulum Jatinom Blitar ?: dan (3) Bagaimana implikasi terhadap pelaksanaan visi Kyai manajemen sekolah berbasis pesantren di SMP Islam Kota Blitar dan SMP Nabawi Maftahul Ulum Jatinom Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian penelitian lapangan. Lokasi dan fokus penelitian dialkukan di 2 tempat yaitu di SMP Islam Kota Blitar dan SMP Nabawi Maftahul Ulum Jatinom Blitar. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasim dimana peneliti sendiri sebagai Instrumen utama. Tehnik analisi data dilakukan dengan menggunkan skema miles dan huberman, dengan teknik pengecekan data dilakukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan , pola pikir, pola sikap, dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas dalam pembelajaran dalam kehidupan, yakni untuk menjadi seorang pemimpin yang visioner terutama dalam kalangan pesantren dan dunia pendidikan disamping dibentuk dan dipengaruhi keberhasilannya oleh kompetensi individu pemimpin yang bersangkutan tapi juga ditentukan oleh prinsip-prinsip dalam hidupnya yang menjadi pegangan. Disamping itu, seseorang pemimpin harus memahami : 1) konsep visi, 2) karakteristik dan unsur visi, dan 3) tujuan visi. Hal ini perlu dikuasai agar seorang pemimpin bisa menjadi perekayasa masa depan, agen perubahan, penentu arah organisasi yang menjadi prioritasnya, pelatih dan pembimbing yang profesional. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan (1) Visi Kyai dalam Manajemen sekolah berbasis pesantren di SMP Islam Kota Blitar dan SMP Nabawi Maftahul Ulum muncul dari ide-ide, gagasan dan pemikiran murni Kyai. Visi tersbut tersebut dibangun dan tercipta dipengaruhi oleh prinsip dan kompetensi kepemimpinan sang Kyai yang diperolehmelalui proses pendidikan, pengalaman dengan mendasarkan pada orientasi visi yang bersifat inspiratif dan imajinatif guna membangun pesantren maupun sekolah masa depan. Visi yang dimaksud adalah terwujudnya eksistensi pesantren yang tidak hanya menjadi sumber belajar ilmu keIslaman tetapi juga pendidikan dan pembelajaran bermutu, yang dijalankan secara berkualitas dengan menekankan pada nilai-nilai praktis moral dan karakter yang kuat termasuk pengembangan program minat, bakat dan ketrampilan sebagai bekal kehidupan terjun di masyarakat.(2) Strategi Kyai untuk mewujudkan visi dalam menajemen berbasis sekolah pesantren di SMP Islam Kota Blitar dan SMP Nabawi Maftahul Ulum adalah adanya komunikasi yang intens serta komunikasi timbal balik melalui pertemuan-pertemuan rutin dan insidental untuk mendorong dan meyakinkan keterlibatan semua orang di sekelilingnya agar bersama-sama dapat mencapai dan mewujudkan visi tersebut. Dalam melaksanakan visi, diatur dulu perencanaan dan pelaksanaan maupun evaluasi disemua bidang baik terkait dengan sarana-prasarana, proses pembelajaran, SDM dan rekrutmen guru maupun rekrutmen siswa. (3) Implikasi terhadap pelaksanaan visi Kyai manajemen sekolah berbasis pesantren di SMP Islam Kota Blitar dan SMP Nabawi Maftahul Ulum yaitu menyangkut perubahan yang diterapkan Kyai dalam manajemen sekolah di pesantren, menjadi menjadi acuan setiap warga sekolah khususnya SMP Islam di pesantren Ibadurrohman dan SMP Nabawi Maftahul Ulum untuk selanjutnya secara umum dilaksanakannya program pembelajaran materi keIslaman yang dikemas dengan nilai-nilai praktis penanaman moral pada budaya dan karakter pesantren yang tawadhu’. adanya program wajib peningkatan implemntasi tahfidzul Qur’an, bahasa arab, inggris, bahasa jawa praktis dan penguatan materi dasar pembelajaran pengetahuan umum sekolah. pengembangan siswa melalui kegiatan peningkatan kreatifitas, ketrampilan dan pengembangan minat dan bakat siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1751144011 IMAM MAHMUD
Date Deposited: 11 Jun 2021 07:52
Last Modified: 11 Jun 2021 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19661

Actions (login required)

View Item View Item