PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

INDANA LAZULFA, 17204163270 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Materi Aljabar pada Siswa Kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Indana Lazulfa, NIM. 17204163270, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen pembimbing:Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Kontekstual, Aljabar Perangkat Pembelajaran untuk materi Matematika bagi siswa SMP/MTs yang menggunakan kurikulum 2013 masih sangat terbatas. Hal ini membuat beberapa sekolah ada yang menggunakan bahan ajar berupa buku-buku yang menggunakan kurikulum lama yang di dalamnya dominan menyajikan rumus rumus tanpa memberikan kesempatan bagi siswa untuk membangun pemahaman mengenai suatu konsep matematika. Hal ini menyebabkan siswa merasa kesulitan ketika mempelajari dan mengaplikasikan suatu konsep matematika dikarenakan mereka hanya menggunakan rumus yang bersifat instan tanpa mengetahui asal usulnya. Pendekatan Kontekstual atau CTL adalah suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses belajar dimana siswa menggunakan pemahaman dan kemampuan akademiknya dalam berbagai konteks dalam dan luar sekoah untuk memecahkan masalah yang bersifat simultif ataupun nyata, baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika menggunakan pendekatan kontekstual pada materi Aljabar untuk SMP kelas VII sesuai dengan kurikulum 2013. 2) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran tersebut valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Reserach, and Development) dengan model ADDIE. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan sistem angket, tes dan wawancara. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darul Falah Tulungagung sebanyak 20 siswa. Analisis datanya meliputi uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Aljabar Siswa Kelas VII MTS Darul Falah menggunakan pendekatan kontekstual sesuai dengan kurikulum 2013 yang menggunakan model ADDIE, dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. (2) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Materi Aljabar Siswa Kelas VII MTS Darul Falah sudah layak digunakan sebagai bahan ajar yang memiliki kualitas valid, praktis, dan efektif. Hal ini berdasarkan pengujian kualitas kevalidan LKS dengan pendekatan Kontekstual pada materi Aljabar yang menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan adalah dengan kriteria baik sehingga LKS dinyatakan valid dan tidak perlu direvisi. Hasil pengujian kepraktisan LKS dengan pendekatan Kontekstual pada materi Aljabar juga menunjukkan bahwa nilai kepraktisan yaitu

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163270 INDANA LAZULFA
Date Deposited: 06 Sep 2021 08:01
Last Modified: 06 Sep 2021 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19668

Actions (login required)

View Item View Item