PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS 5 MADRASAH IBTIDAIYAH HIMMATUL ULUM TRENGGALEK

DESY NAFI'ATUR ROHMAH, 12505184008 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS 5 MADRASAH IBTIDAIYAH HIMMATUL ULUM TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (471kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (280kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Multimedia Berbasis Lectora pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 di MI Himmatul Ulum Trenggalek” ini ditulis oleh Desy Nafi’atur Rohmah, dengan pembimbing Dr. Adi Wijayanto., S.Or, S.Kom, M.Pd dan Dr. Maryono, M.pd. Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Lectora, IPA, Hasil Belajar Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa yang kesulitan memahami isi materi pelajaran dikarenakan banyaknya materi dan kurangnya pemanfaatan media IT dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu, dibutuhkan inovasi media pembelajaran dalam bentuk IT yang dapat membantu peserta didik memahami materi lebih nyata sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimanakah isi pembelajaran IPA semester I kelas 5 menggunakan multimedia interaktif berbasis lectora di MI Himmatul Ulum Trenggalek?; (2) Bagaimanakah proses pengembangan pembelajaran IPA kelas 5 menggunakan multimedia interaktif berbasis lectora di MI Himmatul Ulum Trenggalek?; (3) Bagaimanakah efektivitas multimedia interaktif berbasis lectora pada pembelajaran IPA kelas 5 MI Himmatul Ulum Trenggalek? Tujuan penelitian pada tesis ini adalah: (1) Menjelaskan isi pembelajaran IPA kelas 5 semester menggunakan multimedia berbasis Lectora di MI Himmatul Ulum Trenggalek; (2) Menjelaskan proses pengembangan pmajaran IPA kelas 5 semester 1 menggunakan multimedia berbasis Lectora di MI Himmatul Ulum Trenggalek; (3) Menjelaskan efektivitas multimedia interaktif berbasis Lectora pada pembelajaran IPA kelas 5 semester 1 di MI Himmatul Ulum Trenggalek; Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Borg and Gall modifikasi Sugiyono, yang berhenti pada tahap ke 7. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas pada 4 ahli yaitu 2 ahli materi, 2 ahli Media, sasaran uji coba produk yaitu seluruh siswa kelas VB MI Himmatul Ulum Trenggalek yang berjumlah 14 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk berupa media pembelajaran IPA yang dikembangkan layak digunakan di MI Himmatul Ulum Trenggalek; (2) kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar (87,6 %) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan, sedangkan berdasarkan validasi ahli media sebesar (90%) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan. (3) Hasil uji efektifitas dengan menggunakan Uji t (Independent Sample T test) diperoleh hasil signifikansi (2-tailed) 0,004 < 0,05. Hasil analisis angket respon guru menunjukkan hasil persentase kelayakan sebesar 95 % sedangkan persentase kelayakn berdasarkan perolehan angket respon siswa adalah 92,4%. Kedua persentase tersebut memilki makna bahwa media pembelajaran sangat layak untuk digunakan. Sehingga, dapat dikatakan bahwa Multimedia Interaktif Berbasis Lectora dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: DESY 12505184008 DESY NAFI'ATUR ROHMAH
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:31
Last Modified: 14 Jun 2021 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19669

Actions (login required)

View Item View Item