NAJIB IBRAHIM, 17201163199 (2020) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (573kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (397kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (116kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa.” ini ditulis oleh Najib Ibrahim, NIM. 17201163199, pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag, NIP: 19670717 200003 1 002 Kata Kunci: Strategi, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatar belakangi oleh krisisnya akhlak dikalangan para anak muda dan pelajar pada era moderenitas. Maka dari itu perlu adanya strategi untuk membentuk akhlak dan juga perilaku mereka. Sebab pembentukan akhlakul karimah tersebut merupakan kunci utama terbentuknya karakter siswa. Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan akhlakul karimah siswa terhadap guru? (2) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan akhlakul karimah siswa terhadap orang tua? (3) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan akhlakul karimah siswa terhadap sesama siswa?. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi guru dalam pembentukan akhlakul karimah siswa terhadap guru, orang tua dan sesama siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (library research) dan dengan menggunakan metode deskriptif analisis kritis metode deskriptif analis kritis yaitu mendeskripsikan gagasan manusia dengan menganalisis yang bersifat kritis yaitu deduksi, komparasi dan kemudian mendeskriptifkan. Sumber data yangdikumpulkan berdasarkan pada literatur mengenai pembentukan akhlakul karimah yang berupa buku, artikel maupun jurnal. Analisis datanya menggunakan meringkas data, membuat pola sesuai topik yang dibahas, mengembangkan sumber atau data, menguraikan data dan kemudian menggunakan pendekatan berpikir sebagai ketajaman analisis. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan akhlakul karimah siswa kepada guru yaitu dengan keteladanan yang dicontohkan guru sebab guru merupakan sosok model dalam membiasakan berakhlak yang baik, guru membiasakan para siswa untuk selalu jujur, adil, rendah hati, dan disiplin. Kedua, dalam membentuk akhlakul karimah kepada orangtua dengan pemberian nasihat, perhatian, dan membiasakan untuk selalu berbuat baik kepada orang tua, baik yang masih hidup dengan berperilaku sopan santun, menaati perintahnya, dan merawatnya di hari tua, kemudian yang sudah meninggal yaitu selalu mendoakannya. Ketiga, dalam membentuk akhlakul karimah kepada sesama siswa yaitu dengan menanamkan dan membiasakan 5S yaitu senyum sapa, salam, sopan dan satun kepada sesama temannya, selain itu guru juga merupakan sesosok teladan yang selalu diikuti oleh para siswa dengan memberikan contoh kepada sesama guru dan juga nasehat kepada setiap siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163199 NAJIB IBRAHIM |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 05:54 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 05:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19687 |
Actions (login required)
View Item |