SAVIRA IMAWARTI, 17201163275 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KRISIS MORAL PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER--.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (350kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (704kB) | Preview |
Abstract
xvii ABSTRAK Savira Imawarti. NIM 17201163275. Strategi Guru dalam Mengatasi Krisis Moral Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar. Skripsi. Tulungagung. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag.,M.H.I Kata Kunci: Strategi, Krisis Moral Pendidikan terutama sekolahan saat ini hanya dianggap sebagai tempat untuk mempelajari pelajaran umum dan kurang efektif dalam menentukan masa depan output yang berakhlakul karimah. Budaya yang cenderung negatif akan mempengaruhi tingkah laku siswa, misalnya kurang sopan terhadap guru dan orang tua. Pendidikan terkait syari‟at-syari‟at ajaran agama Islam pada dasrnya merupakan pendidikan yang dianjurkan oleh agama Islam sebagai upaya untuk membentengi merebaknya krisis moral. Maka dari itu, strategi guru itu sendiri sangat penting dalam mengatasi krisis moral serta membentuk perilaku siswa menjadi mandiri, disiplin serta berakhlakul karimah. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar?; (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi seks bebas kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar?; (3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi tawuran pelajar kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar?. Adapun tujuan peneliti adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar; (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi seks bebas kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar; (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi tawuran pelajar kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Sumber data Waka Kurikulum, Guru, Peserta Didik dan Dokumentasi. Teknik pengumpulan data observasi penelitian, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan teman sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahawa, Pertama, Strategi guru dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa mencakup adanya strategi meningkatkan intensitas kedisipilan, meminimalisir adanya jam kosong, menjalin kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua. Kedua, Strategi guru dalam mengatasi seks bebas dengan memanggil siswa melakukan kenakalan, melakukan kunjungan ke rumah serta melakukan kegiatan pendekatan keagamaan seperti mengadakan kegiatan keagaan pada Peringatan Hari Besar Islam, memberikan tausiah disela-sela pembelajaran berlangsung, mengadakan tes urin serta siswa tidak diperkenankan membawa handphone ke sekolah. Ketiga, Strategi guru dalam mengatasi tawuran pelajar dengan mengimplementasikan peran guru sebagai korektor, motivator dan pembimbing.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PAI 17201163275 SAVIRA IMWARTI |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 01:57 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 01:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19718 |
Actions (login required)
View Item |