PENDEKATAN HABITUASI NILAI-NILAI KARAKTER DI LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Multi Kasus di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung)

FAHRI HUSAINI, 1755154016 (2019) PENDEKATAN HABITUASI NILAI-NILAI KARAKTER DI LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Multi Kasus di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Husaini, Fahri. 2019. Pendekatan Habituasi Nilai-Nilai Karakter di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multi Kasus di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd dan Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Pendekatan, Habituasi, Nilai Karakter Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh realitas degradasi nilai, etika dan moral di kalangan anak-anak sekolah. Posisi pendidikan yang mengedepankan penanaman nilai-nilai karakter menjadi sangat vital dalam membentuk kepribadian. Kehidupan anak tidak cukup dicover dengan kecerdasan intelektual saja, di dalamnya harus ada kecerdasan afektif secara emosional, maupun spiritual. Pendekatan habituasi dibutuhkan untuk menciptakan situasi dan kondisi serta penguatan kepribadian peserta didik pada satuan pendidikannya. Proses pembudayaan dan pemberdayaan yang mencakup pemberian contoh, pembelajaran, pembiasaan, dan penguatan dapat dikembangkan secara sistemik, dan dinamis. Penelitian ini berfokus pada strategi, metode dan implikasi pendekatan habituasi nilai-nilai karakter terhadap peserta didik di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi habituasi nilai-nilai karakter di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung 2) Bagaimana metode habituasi nilai-nilai karakter di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung 3) Bagaimana implikasi pendekatan habituasi nilai-nilai karakter di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan strategi habituasi nilai-nilai karakter di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. 2) Untuk mendiskripsikan metode habituasi nilai-nilai karakter di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. 3) Untuk mendiskripsikan implikasi pendekatan habituasi nilai-nilai karakter di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data kasus tunggal dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, serta analisis data lintas kasus. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitiannya adalah 1) Strategi Habituasi Nilai-Nilai Karakter di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan, yaitu Strategi internalisasi dan integrasi. Nilai-nilai karakter diinternalisasikan kedalam jiwa siswa dengan cara diberikan pengetahuan tentang syariat agama, kedisiplinan, peduli, tanggung jawab. Kemudian diintegrasikan kedalam program harian, bulanan dan tahunan. Integrasi dengan habituasi menjadikan pengalaman sebagai kunci penguatan. 2) Metode Habituasi Nilai-Nilai Karakter di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan yaitu dengan mengoptimalkan keteladanan. Naluri alamiyah anak untuk menirukan percakapan dan perbuatan guru sangat dasyat. Sehingga dikedua lokasi penelitian tersebut dalam memberikan teladan kepada siswa sebagai berikut: a) Karakter Religius; guru memberi teladan dengan guru juga ikut melasanakan kegiatan religius bersama dengan siswa. b) Karakter Disiplin; guru memberi teladan dengan guru ketika ke sekolah tepat waktu, dan guru memberikan nilai kepada siswa tepat waktu. c) Karakter Peduli social; guru memberi teladan dengan guru jika ada warga sekitar atau teman guru atau keluarga siswa yang meninggal maka guru akan takziah. d) Karakter Tanggung jawab; guru melaksanakan tugasnya yang telah menjadi tanggung jawabnya, misalnya tugas piket guru, guru menyelesaikan administrasi belajar mengajar. 3) Implikasi habituasi nilai-nilai karakter di MI Jati Salam Gombang Pakel dan MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan yaitu: a) terbentuknya jiwa religius. Bibit-bibit pondasi keimanan dan ketaqwaan mulai bermunculan. Seperti halnya berdoa, mengucap salam, sholat berjamaah, maulidan, takbir keliling, yatiman, qotmil Qur an, tahlilan dan lain sebagainya; b) Terbentuknya Jiwa Disiplin. Aktifitas sehari-hari diwarnai dengan ketaatan dan kepatuhan siswa terhadap aturan yang telah ditentukan. Berimbas juga kepada guru dan karyawan sekolah. Menyelesaikan tugas tepat waktu menjadi prioritas. Belajar dengan sungguhsungguh menjadi realitas. c) Terbentuknya jiwa Peduli Sosial. Naluri untuk saling membantu mulai tumbuh. Kebersamaan dan kekompakan mulai mengikis pertengkaran dan ketidak pedulian. Misalnya, melalui kegiatan santunan, siswa dan guru mengumpulkan dana untuk diberikan kepada anak-anak yatim. Menyediakan kotak jumat amal. Membantu masyarakat yang terkena musibah baik berupa kematian maupun bencana alam. d) terbentuknya jiwa tanggung jawab. Keberlangsungan hidup di sekolah, di rumah dan di masyarakat mereka jalani dengan penuh rasa tanggung jawab. Yaitu Tanggung jawab terhadap diri sendiri, orang lain, bangsa dan agama.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 17551154016 Fahri Husaini
Date Deposited: 18 Jun 2021 04:03
Last Modified: 18 Jun 2021 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19767

Actions (login required)

View Item View Item