ABDUL ZAINAL MUTAQIN, 12505184001 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BEYOUND, CENTRE AND CIRCLE TIME (BCCT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Multisitus di SD Zumrotus Salamah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung dan SD-Plus An Nida Wateskroyo Besuki Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Abdul Zainal Mutaqin, NIM: 12505184001. 2020. Implementasi pembelajaran dengan pendekatan beyound, centre and circle time (bcct) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi Multisitus di SD Zumrotus Salamah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung dan SD-Plus An Nida Wateskroyo Besuki Tulungagung) Tesis. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Program Magister Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing : Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. dan Dr. H. Zaini Fasya S.Ag.,M.Pd.I Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Pendekatan Beyound, Centre, and Circle Time (BCCT), Hasil Belajar Siswa Implementasi pembelajaran dengan pendekatan BCCT Sitem di SD Zumrotus Salamah dan SD-Plus An Nida Wateskroyo merupakan suatu Pembelajaran yang diarahkan kepada pembelajaran yang mengasikkan, belajar sambil bermain dan belajar secara kelompok dengan mengaitkan pengalaman yang dimiliki siswa guna meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 1. Sejalan dengan keadaan siswa di kelas 1 yang masih terbawa system belajar seperti di TK atau Paud yang cenderung pembelajarannya lebih banyak mengaitkan dengan sebuah permainan. maka dari itu sekolah mengadakan Pembelajaran dengan pendekatan BCCT pada kelas 1 supaya dalam proses belajar siswa akan terus bersemangat dan bisa meningkatkan dari hasil belajar siswa. Fokus Dalam Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan pembelajaran dengan pendekatan BCCT untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Zumrotus Salamah dan SD-Plus An Nida?; (2) Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan BCCT untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Zumrotus Salamah dan SD-Plus An Nida?’(3) Bagaimana Hasil pembelajaran dengan pendekatan BCCT untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Zumrotus Salamah dan SD-Plus An Nida?; Metodologi penelitian ini menggunakan data kualitatif yang merupakan suatu pendekatan dalam melakukan penelitian berorientasi pada penomena atau gejala yang bersifat alami yang biasa disebut dengan Field study atau naturalistic inquiry jenis Studi Multisitus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Kemudian data dianalisis dengan analisis kasus Tunggal dan analisis lintas Kasus, Dilanjutkan dengan penyusunan proposisi lintas Kasus. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan Triangulasi Tekhnik. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan Bahwa: 1) Adapun strategi perencanaan dengan pendekatan BCCT yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa antara lain pertama pengorganisasian isi pelajaran yaitu pengorganisasian isi pelajaran secara keseluruhan dan perencanaan isi setiap materi. Kedua, perencanaan RPP dan ketiga, perencanaan sistem pembelajaran.; xi 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan BCCT di SD Zumrotus Salamah dan SD-Plus An Nida Adalah Penerapan dari metode, media dan bentuk belajar mengajar yang diatur guna mendukung system pembelajaran sambil bermain yang mengasikkan. 3) Hasil pembelajaran dengan pendekatan BCCT di SD Zumrotus Salamah dan SD-Plus An Nida dapat diuketahuai dari dua system evaluasi yaitu evaluasi tertulis dan evaluasi pengamatan. Hasil dari penerepan pembelajaran tersebut karakter, kreatifitas, hubungan antar siswa dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 12505184001 ABDUL ZAINAL MUTAQIN |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 04:14 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 04:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19808 |
Actions (login required)
View Item |