RISQI SATRIA ADI PUTRA, 12506184045 (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI FIKRAH AN-NAHDLIYAH DALAM MEMPERKOKOH KARAKTER SANTRI DI ERA DIGITAL (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Ma'hadul 'Ilmi wal 'Amal dan Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (279kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (326kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (235kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (543kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (842kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (400kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Risqi Satria Adi Putra, 2020, "Internalisasi Nilai-Nilai Fikrah An-Nahdliyah Dalam Memperkokoh Karakter Santri di Era Digital (Studi Multisitus di Pondok Pesantren MIA Moyoketen dan Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung). Tesis, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag dan dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci: Internalisasi, Fikrah An-Nahdliyah, Karakter Santri. Dalam menanggapi perkembangan teknologi yang begitu pesat, dengan mudah seorang konsumen menerima serta mengirim berbagai informasi yang belum jelas kebenaran serta sumbernya. Tak sering terjadi kesalahpamahan bahkan kekerasan antar sesama yang diakibatkan berita yang hoax tersebut. Sehubungan hal tersebut, upaya pondok pesantren yakni dengan memperkokoh karakter santri dalam berkehidupan sosial di masyarakat, melalui internalisasi/ penanaman nilai-nilai fikrah an-nahdliyah terhadap santri. Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana metode internalisasi nilai-nilai fikrah an-nahdliyah dalam mempekokoh karakter santri di era digital pada Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmu wal Amal Moyoketen dan Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung?, 2) Bagaimana pendekatan internalisasi nilai-nilai fikrah an-nahdliyah dalam mempekokoh karakter santri di era digital pada Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmu wal Amal Moyoketen dan Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung?, 3) Apa sajakah faktor pendorong dan penghambat internalisasi nilai-nilai fikrah an-nahdliyah dalam mempekokoh karakter santri di era digital pada Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmu wal Amal Moyoketen dan Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui metode internalisasi nilai-nilai fikrah an-nahdliyah dalam mempekokoh karakter santri di era digital pada Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmu wal Amal Moyoketen dan Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung, 2) Untuk mengetahui pendekatan internalisasi nilai-nilai fikrah an-nahdliyah dalam mempekokoh karakter santri di era digital pada Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmu wal Amal Moyoketen dan Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung, 3) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat internalisasi nilai-nilai fikrah an-nahdliyah dalam mempekokoh karakter santri di era digital pada Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmu wal Amal Moyoketen dan Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan vertifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan Triangulasi, ketentuan pengamatan dan pembahasan teman sejawat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil dari penelitian mengungkapakan bahwa: 1) Metode internalisasi nilai-nilai fikrah an-nahdliyah dalam memperkokoh karakter santri di Pondok Pesantren MIA Moyoketen dan di Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti menggunakan metode keteladan, metode pembiasaan, (metode diskusi, metode tanya jawab dan metode ceramah sebagai sarana pembiasaan santri yang dikemas dalam kegiatan pondok), metode nasihat, metode ganjaran dan metode hukuman. 2) Pendekatan internalisasi nilai-nilai fikrah an-nahdliyah dalam memperkokoh karakter santri di Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmu wal Amal Moyoketen dan di Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah antara lain pendekatan perkembangan moral kognitif (cognitive moral development), pendekatan analisis nilai (vaklues analisys), pendekatan klarifikasi nilai (values clarification), dan pendekatan pembelajaran berbuat (action learning). 3) Faktor pendorong dan penghambat proses internalisasi nilai-nilai fikrah an-nahdliyah dalam memperkokoh karakter santri di Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmu wal Amal Moyoketen dan di Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah meliputi faktor pendidik, faktor santri (peserta didik), faktor lingkungan (pondok, luar pondok), faktor keluarga, faktor lembaga (pengelolaan), faktor fasilitas.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M.Pd. 12506184045 Risqi Satria Adi Putra |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 04:07 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 04:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19832 |
Actions (login required)
View Item |