PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, PENETAPAN HARGA, DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA USAHA MEBEL KAYU DI DESA MULYOSARI KECAMATAN PAGERWOJO

DEVITASARI, 17402163252 (2021) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, PENETAPAN HARGA, DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA USAHA MEBEL KAYU DI DESA MULYOSARI KECAMATAN PAGERWOJO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (730kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pemasaran, Penetapan Harga, dan Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Mebel Kayu Di Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo” ini ditulis oleh Devitasari, NIM: 17402163252, dengan dosen pembimbing Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M. Pegusaha mebel di Desa Mulyosari sudah ada sejak awal tahun 2000- an, sehingga sudah banyak konsumen yang melakukan pesanan serta pembelian kepada pengusaha mebel di Desa Mulyosari. Kebanyakan konsumen akan menjadi pelanggan tetap, mereka merasa sudah cocok dengan harganya, selain itu strategi pemasaran yang diterapkan juga menjadi pemicunya, seperti produk yang berkualitas, sesuai kebutuhan, dan lokasinya yang strategis. Penerapan etika bisnis Islam dalam kegiatan usaha pengrajin mebel juga membuat konsumen bertahan. Bisnis yang baik hendaknya diiringi dengan nilai-nilai islami seperti niat ikhlas, jujur dan amanah, tidak melanggar prinsip syariah, dan juga ukhuwah Islamiyah, agar usaha yang dijalankan kedepannya bisa terus berkembang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Apakah strategi pemasaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen mebel kayu?. (2) Apakah penetapan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen mebel kayu?. (3) Apakah etika bisnis islam berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen mebel kayu?. (4) Apakah strategi pemasaran, penetapan harga, dan etika bisnis islam berpengaruh terhadap keputusan pembelian mebel kayu?. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 58 responden, yaitu para konsumen mebel kayu dari 5 (lima) pengrajin/pengusaha mebel kayu di Desa Mulyosari. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner penelitian kepada responden. Selanjutnya, data kuesioner yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran, penetapan harga, dan etika bisnis Islam berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen mebel di Desa Mulyosari baik secara parsial maupun simultan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T bahwa nilai signifikan untuk varibel strategi pemasaran 0,048, variabel penetapan harga 0,01, dan variabel etika bisnis Islam 0,001. Ketiga varibel memiliki nilai signifikan kurang dari 0,05 yang berarti ketika variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen mebel kayu. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penetapan Harga, Etika Bisnis Islam, Keputusan Pembelian

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163252 DEVITASARI
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:42
Last Modified: 24 Jun 2021 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19834

Actions (login required)

View Item View Item