AQWA DZAWIT TUQO, 2811133042 (2021) STRATEGI PENINGKATAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Kedisiplinan Beribadah Siswa di SMAN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Aqwa Dzawit Tuqo, NIM. 2811133042, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2021, dosen pembimbing: Dr. H. Nursamsu, S.P.d.I, M,Pd. NIP. 19780204 2009011003. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya berbagai kegiatan kedispilinan beribadah yang diterapkan disekolah SMAN 2 Trenggalek yang berbasis umum ini memiliki ketekunan pembiasaan beribadah yang sekalipun tidak kalah dengan sekolah madrasah yang murni berbasis agama seperti Madrasah Aliyah. Fokus dari penelitian ini, meliputi: (1) Bagaimana strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kedisipilinan shalat siswa di SMAN 2 Trenggalek? (2) Bagaimana strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kedisiplinan membaca Al-Qur’an siswa di SMAN Trenggalek? (3) Bagaimana strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kedisiplinan infaq shodaqoh siswa di SMAN 2 Trenggalek? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kedisipilinan shalat, membaca Al Qur’an, dan infaq Shodaqah siswa di SMAN 2 Trenggalek. Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer, dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Strategi mendisiplinkan ibadah sholat dengan pemberian keteladanan oleh guru dengan mencontohkan dan mengajak siswa untuk sholat berjamaah, membiasakan siswa untuk sholat berjamaah secara tepat waktu dengan membuat penjadwalan sholat berjamaah, dan memberikan peringatan serta teguran bagi siswa yang tidak ikut berjamaah.(2) Strategi mendisiplinkan siswa dalam membaca Al Qur’an dengan keteladanan dan mengajak para siswa untuk membaca Al Qur’an setiap satu bulan sekali dengan sistem penjadwala 3 kelas berurutan. Pada waktu sholat Jum’at guru mengarahkan bagi siswi untuk tartil disetiap kelas. (3) Strategi guru mendisiplinkan infaq sedekah dilakukan dengan pembiasaan setiap hari jumat, yang di bantu oleh pengurus ta’mir masjid, dalam pembiasaannya guru juga memberikan contoh dan juga mengajarkan untuk selalu berbagi bersama, penerapannya tidak ada hukuman karena prinsip dari infaq sedekah adalah keikhlasan dan pemberian reward dilakukan dengan pengumuman kelas yang mengumpulkan infaq sedekah, hal itu memberikan kepuasan tersendiri bagi siswa. Kata Kunci : Strategi, Kedisiplinan Beribadah Siswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133042 AQWA DZAWIT TUQO |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 04:27 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 04:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19939 |
Actions (login required)
View Item |