MANAJEMEN KESISWAAN DALAM UPAYA MENINGKATKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JOMBANG

SAYYIATUR RIZQIANA, 17207163085 (2020) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM UPAYA MENINGKATKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (535kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang” ini ditulis oleh Sayyiatur Rizqiana, NIM. 17207163085, pembimbing Hj. Indah Komsiyah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Prestasi Peserta Didik Pendidikan merupakan upaya strategis untuk membentuk manusia yang bermartabat, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagaimana tujuan yang ingin dicapai dalam pendidikan Islam. Untuk mencapai tujuan tersebut, lembaga pendidikan mempunyai tanggungjawab yang besar. Beragam upaya dilakukan oleh lembaga pendidikan guna memberikan layanan pendidikan yang terbaik untuk mengembangkan potensi peserta didiknya secara maksimal, seimbang dan terpadu. Dalam hal ini, manajemen kesiswaan mengambil peranan penting dalam rangka mengembangkan kecerdasan, bakat dan minat, meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta upaya pembinaan dalam rangka mewujudkan prestasi peserta didik dalam bidang akademik dan non akademik. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang terkait dengan manajemen kesiswaan dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerimaan peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang? (2) Bagaimana pengelompokan peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang? (3) Bagaimana pelaksanaan pembinaan peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Jika dilihat dari data dan sumber data, pengambilan data dilakukan dengan cara snowball sampling, sedangkan sumber data diidentifikasikan menjadi tiga macam yaitu person, place dan paper. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu: observasi partisipatif (participant observation), wawancara (interview), dan dokumentasi (documentation). Hasil penelitian ini meliputi: (1) penerimaan peserta didik baru yang didasarkan pada (a) kebijakan sekolah terkait dengan penerimaan peserta didik baru, (b) prosedur penerimaan peserta didik baru, (c) sistem penerimaan peserta didik, (d) pembentukan panitia PPDB dan (d) orientasi peserta didik. Setelah tahap penerimaan langkah selanjutnya adalah (2) pengelompokan peserta didik. Adapun jenis pengelompokan peserta didik yaitu (a) pengelompokan kelas, (b) pengelompokan bidang studi atau jurusan yaitu IPA, IPS, agama dan bahasa (c) pengelompokan peserta didik berdasarkan minat dan bakat yang diwadahi dalam kegiatan ekstrakurikuler. (3) pelaksanaan pembinaan kesiswaan terdiri dari (a)pembinaan kedisiplinan siswa dengan adanya tata tertib sekolah dan penggunaan sistem point pelanggaran (b) pembinaan akademik siswa meliputi sistem pembelajaran yang diterapkan di MAN 2 Jombang yaitu menggunakan K-13 serta melaksanakan kegiatan yang menunjang pembinaan akademik dengan memberikan jam tambahan pelajaran, lalu pengadaan pengayaan/remidi jika siswa tidak mencapai KKM yang ditentukan (c) pembinaan non akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163085 SAYYIATUR RIZQIANA
Date Deposited: 09 Jul 2021 01:53
Last Modified: 23 Feb 2022 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19966

Actions (login required)

View Item View Item