PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL UNTUK MEMBINA TOLERANSI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 PONGGOK BLITAR

RAFIDA NURDIANTI, 17201163324 (2020) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL UNTUK MEMBINA TOLERANSI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (489kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK Rafida Nurdianti. NIM 17201163324. Peran Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural untuk Membina Toleransi Beragama Peserta Didik di SMP Negeri 2 Ponggok Blitar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan lmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam , Berwawasan Multikultural, Toleransi Beragama Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai beragam suku bangsa, ras, bahasa, agama dan perbedaan sosial lainnya. Sehingga kebudayaan nasional Indonesia menjadi sebuah kebudayaan yang merupakan perpaduan dari beragam budaya yang ada di Indonesia. Islam yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat yang multicultural mengharuskan adanya pendidikan yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta menghormati keberagaman mereka termasuk toleransi beragama. Toleransi beragama mengajarkan manusia untuk hidup berdampingan dengan orang lain dalam menumbuhkan kesadaran indahnya kebersamaan dalam masyarakat majemuk. Toleransi beragama, hendaknya diterapkan kepada peserta didik agar terciptanya sekolah yang harmonis dan kompak di tengah keragaman. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai educator dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural untuk membina toleransi beragama peserta didik di SMP Negeri 2 Ponggok Blitar? (2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural untuk membina toleransi beragama peserta didik di SMP Negeri 2 Ponggok Blitar? (3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai evaluator dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural untuk membina toleransi beragama peserta didik di SMP Negeri 2 Ponggok Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sumber datanya adalah waka kurikulum, guru pendidikan agama Islam, guru agama lain dan dokumentasi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian. Pertama, peran guru sebagai educator dalam pembelajaran agama Islam berwawasan multicultural untuk membina toleransi beragama peserta didik adalah sebagai teladan, sebagai pemberi arahan, sebagai pengembang kepribadian, sebagai pembimbing dan pembina budi pekerti, serta sebagai pemberi fasilitas dalam bentuk kegiatan keagamaan. Kedua, peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran agama Islam berwawasan multicultural untuk membina toleransi beragama peserta didik adalah sebagai pemberi arahan dan pengertian mengenai pentingnya toleransi dan tidak ada perbedaan perlakuan antara muslim dan nonmuslim. Guru memberikan motivasi dalam bentuk teladan dari tokoh penting. Pemberian motivasi juga diberikan dalam bentuk kalimat positif untuk membangkitkan semangat peserta didik. Ketiga, peran guru sebagai evaluator dalam pembelajaran agama Islam berwawasan multicultural untuk membina toleransi beragama pesertadidik adalah evaluasi dilakukan dalam bentuk perilaku peserta didik dalam kerjasama kegiatan sekolah seperti kerja bakti menjaga lingkungan, persiapan untuk mengikuti perlombaan, dan kerjasama peserta didik ketika menjadi panitia di setiap acara di sekolah. Melalui kegiatan tersebut guru dalam mengevaluasi sikap toleransi beragama dengan memperhatikan perilaku peserta didik apakah saling menghormati dan menghargai satu sama lain

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163324 Rafida Nurdianti
Date Deposited: 09 Jul 2021 06:16
Last Modified: 09 Jul 2021 06:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19976

Actions (login required)

View Item View Item