ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BLITAR

BADI'ATUS SHOLIHAH, 12204173002 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Self Efficacy pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Blitar” ini ditulis oleh Badi’atus Sholihah, NIM. 12204173002, Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci: Self Efficacy, Kemampuan Penalaran Matematis, Relasi dan Fungsi Kemampuan yang harus dimiliki setiap siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika adalah kemampuan penalaran matematis. Kemampuan penalaran diperlukan pada suatu kegiatan dan juga pada saat pembelajaran matematika. Ketika pembelajaran matematika kemampuan penalaran dituangkan untuk mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan. Salah satu keyakinan individu yang harus dimiliki adalah self efficacy. Self efficacy merupakan suatu keyakinan yang harus dimiliki siswa ketika proses pembelajaran dan seberapa lama siswa siswa tetap bertahan untuk menghadapi hambatan dalam pembelajaran ataupun pengerjaan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki self efficacy tinggi pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTsN 2 Blitar; dan (2) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki self efficacy rendah materi relasi dan fungsi kelas VIII MTsN 2 Blitar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E MTsN 2 Blitar yang memiliki self efficacy tinggi dan self efficacy rendah. Analisis yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan (1) Siswa yang memiliki self efficacy tinggi pada materi Relasi dan Fungsi hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan penalaran matematis, diantaranya melakukan perhitungan dengan aturan rumus dan menarik kesimpulan dari permasalahan yang ada dengan tepat; dan (2) Siswa yang memiliki self efficacy rendah pada materi Relasi dan Fungsi belum memenuhi indikator mengajukan dugaan, belum memenuhi indikator kemampuan perhitungan aturan rumus tertentu dan belum memenuhi indikator kemampuan menarik kesimpulan. Hanya beberapa siswa yang menuliskan salah satu indikator kemampuan penalaran dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: badi'atus sholihah
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:54
Last Modified: 12 Jul 2021 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19978

Actions (login required)

View Item View Item