ANALISIS KONOTASI DAN DENOTASI PADA TEKS PUISI KARYA SISWA KELAS X MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

KURROTUN A’YUNI, 17210163031 (2020) ANALISIS KONOTASI DAN DENOTASI PADA TEKS PUISI KARYA SISWA KELAS X MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Konotasi dan Denotasi pada Teks Puisi Karya Siswa Kelas X MA Ma‟arif Udanawu Blitar,” ini ditulis oleh Kurrotun A‟yuni, NIM: 17210163031, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata kunci: makna konotasi, makna denotasi Menulis puisi merupakan suatu bentuk ekspresi tulis yang diungkapkan penulis atau penyair yang bersumber dari isi pikiran sang penulis. Tujuan menulis adalah memberi informasi atau menuangkan isi pikiran sang penulis mengenai suatu hal, baik itu fakta maupun data dalam bentuk tulisan. Puisi merupakan mata pelajaran yang dipelajari di sekolah dalam kurikulum 2013 berbasis teks. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang digunakan siswa pendidikan pada saat ini. Mengimplementasikan kurikulum 2013 dibutuhkan nilai-nilai karakter ke dalam tiga ranah pendidikan, yakni kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotorik (keahlian atau keterampilan) dari hasil belajar siswa. Salah satu kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 adalah siswa diharapkan mampu menulis dan menggunakan teks sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Salah satu pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks dalam kurikulum 2013 yaitu pembelajaran teks puisi. Menulis puisi juga dapat dikaitkan dengan konteks kekinian seperti halnya dalam membuat puisi, siswa akan menuangkan isi pikiran dalam bentuk kata-kata indah dengan memperhitungkan dari segi diksi yang berkaitan dengan makna konotasi dan denotasi. Dalam hal ini siswa dapat menciptakan puisi yang indah melalui karya cipta mereka sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan makna konotasi dan makna denotasi pada puisi karya siswa kelas X MA Ma‟arif Udanawu Blitar. Hal ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman siswa kelas X MA Ma‟arif Udanawu Blitar mengenai makna konotasi dan makna denotasi dalam menulis puisi. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apa sajakah makna konotasi yang terdapat pada teks puisi karya siswa kelas X MA Ma‟arif Udanawu Blitar (2) Apa sajakah makna denotasi yang terdapat pada teks puisi karya siswa kelas X MA Ma‟arif Udanawu Blitar. Sesuai dengan rumusan masalah tujuan penelitian pada skripsi ini adalah mendeskripsikan makna konotasi dan makna denotasi pada teks puisi karya siswa kelas X MA Ma‟arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kumpulan puisi karya siswa kelas X MA Ma‟arif Udanawu Blitar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman, yakni meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan metode triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan banyak siswa yang menggunakan makna konotasi daripada makna denotasi. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil analisis mengenai makna konotasi dan makna denotasi pada puisi karya siswa kelas X MA Ma‟arif Udanawu Blitar. Keseluruhan data yang diperoleh dari analisis tiga puluh puisi karya siswa kelas X MA. Ma‟arif Udanawu Blitar, yaitu sebanyak 33 maknadenotasi dan 57 makna konotasi. Keseluruhan makna konotasi dan denotasi tersebut, didominasi oleh makna konotasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Puisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163031 KURROTUN A’YUNI
Date Deposited: 14 Jul 2021 03:53
Last Modified: 01 Nov 2021 05:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20001

Actions (login required)

View Item View Item