MUHAMMAD SANDHO BUSAERI, 17207163020 (2021) MANAJEMEN PERSONALIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (6MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Muhammad Sandho Busaeri, 17207163020, Manajemen Personalia dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata kunci : Manajemen Personalia, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan Penelitian ini didasari oleh pentingnya upaya dalam rangka pencapaian standar sekolah yang berkualitas dan bermutu sesuai dengan tujuan pendidikan dalam sekolah. Hal ini memerlukan adanya dukungan seluruh komponen pendidikan yang terpusat dalam suatu sistem yang saling menunjang dalam mencapai keberhasilan pendidikan. Manajemen pendidikan merupakan alternatif strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Keberhasilan suatu pendidikan tidak hanya dilihat dari manajemen kelas, kurikulum, murid dan sebagainya, tetapi juga menajemen personalia ikut berperan dalam keberhasilan suatu pendidikan. Kemudian, SMA Negeri 1 Kauman merupakan salah satu sekolah tingkat atas yang terletak di Kecamatan Kauman Kabupaten Tulunggaung. Sebagai sekolah yang besar, tentu saja memiliki banyak tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan yang kompeten dan berkualitas. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang bagaimana Manajemen Personalia dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sistem recrutment tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 Kauman? 2) Bagaimana peran pimpinan dalam upaya peningkatan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 Kauman? 3) Bagaimana kendala dan solusi dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 Kauman? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sistem recruitment tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 Kauman ada dua cara yaitu untuk tenaga pendidik maupun kependidikan baru yang menjadi ASN atau PNS, sepenuhnya dihandle oleh pemerintah dimana proses seleksi dan recruitment dilakukan oleh pemerintah. Kedua, tenaga Non PNS dimana proses recruitment sepenuhnya menjadi otoritas sekolah sesuai dengan kebutuhan tenaga yang diperlukan dengan proses melalui wawancara dan investigasi pengalaman. Proses yang dilakukan yaitu dengan wawancara dan investigasi melalui pengalaman yang dimiliki oleh calon yang dibutuhkan. 2) Peran pemimpin dalam upaya peningkatan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan antara lain memberi pembinaan rutin tentang disiplin pegawai, pengembangan kompentensi dan kemampuan sesuai dengan bidangnya kemudian motivasi, pengembangan kualitas dan kompetensi dengan mengikutsertakan diklat, MGMP, hingga MGMPS, menerapkan manajemen partisipatif, serta menerapkan manajemen transparansi. 3) Kendala yang dihadapi oleh SMA Negeri 1 Kauman dalam upaya peningkatan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan adalah kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), dimana sebenarnya sekolah mengalami kekurangan tenaga, akan tetapi pemerintah belum mampu mencukupi kekurangan tersebut, dan justru membuat peraturan dimana pihak sekolah tidak boleh merekrut guru Non PNS sembarangan. Solusi yang dilakukan untuk menghadapinya yaitu tetap mengadakan recruitment tenaga non PNS, dengan meminta ijin dari pemerintah terlebih dahulu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 17207163020 MUHAMMAD SANDHO BUSAERI |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 03:24 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 03:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20019 |
Actions (login required)
View Item |