KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA DISIPLIN DI MTsN 6 KEDIRI

TRISNA YUNI KURNIA, 12207173081 (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA DISIPLIN DI MTsN 6 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menciptakan Budaya Disiplin di MTsN 6 Kediri” ini ditulis oleh Trisna Yuni Kurnia, NIM. 12207173081, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh bapak Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata kunci : Kepemimpinan, Budaya Disiplin Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kepemimpinan kepala madrasah yang meminimalisir atau menyamarkan adanya perbedaan pangkat atau jabatan antara kepala madrasah dengan bawahannya untuk membiasakan bawahannya berani berpendapat atau berargumen, dengan kebiasaan tersebut akan mempermudah kepala madrasah dalam memutuskan kebijakan dalam mencapai tujuan madrasah, maka dari itu penulis ingin mengetahui kepemimpinan dari kepala madrasah dalam menciptakan budaya lembaga. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam menciptakan budaya disiplin di MTsN 6 Kediri? (2) Bagaimana upaya kepala madrasah dalam menciptakan budaya disiplin di MTsN 6 Kediri? (3) Bagaimana kendala dan solusi kepala madrasah dalam menciptakan budaya disiplin di MTsN 6 Kediri? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam menciptakan budaya disiplin di MTsN 6 Kediri, upaya kepala madrasah dalam menciptakan budaya disiplin di MTsN 6 Kediri, serta kendala dan solusi kepala madrasah dalam menciptakan budaya disiplin di MTsN 6 Kediri. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka bidang kesiswaan, koordinator tim tata tertib (tatib), dan salah satu wali kelas MTsN 6 Kediri. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teori. Kemudian hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: (1) gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam menciptakan budaya disiplin di MTsN 6 Kediri yaitu cenderung dalam kepemimpinan demokratis dengan menyamarkan adanya status jabatan tanpa menghilangkannya guna terjalin hubungan kekeluargaan yang baik. (2) upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam menciptakan budaya disiplin di MTsN 6 Kediri yaitu dengan menjadikan dirinya sebagai panutan atau contoh dan memberi motivasi kepada seluruh anggota madrasah, membentuk tim tata tertib (tatib) madrasah, menerapkan komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang baik serta menerapkan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. (3) kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam menciptakan budaya disiplin di MTsN 6 Kediri antara lain adanya perbedaan karakter antar individu, pengawasan yang tidak bisa dilakukan setiap saat secara langsung dan jadwal piket yang berbenturan dengan jadwal mengajar di kelas. Solusi yang dilakukan kepala madrasah dalam menghadapi kendala tersebut antara lain melakukan pembinaan secara langsung dengan mengingatkan serta mengarahkan secara kekeluargaan dan keikhlasan dalam menyelesaikan tanggungjawab, bekerjasama dengan wakil kepala madrasah, tim tata tertib madrasah, tim bimbingan konseling madrasah, wali kelas dan pengurus kelas dengan memanfaatkan buku poin madrasah. Dan melakukan perencanaan jauh-jauh hari dalam pembuatan jadwal piket tim tata tertib dan bimbingan konseling.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207173081 TRISNA YUNI KURNIA
Date Deposited: 16 Jul 2021 03:36
Last Modified: 16 Jul 2021 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20021

Actions (login required)

View Item View Item