UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN PERILAKU RELIGIUS SISWA(Studi Multi Situs di MTsN Bandung Tulungagung dan MTsN Ngantru Tulungagung)

ANDY BUDI CAHYONO, 17506164011 (2018) UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN PERILAKU RELIGIUS SISWA(Studi Multi Situs di MTsN Bandung Tulungagung dan MTsN Ngantru Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Upaya Guru Dalam Membangun Perilaku Religius Siswa (Studi Multi Situs di MTsN Bandung Tulungagung Dan MTsN Ngantru Tulungagung)” ini ditulis oleh Andy Budi Cahyono, NIM:17506164011, Dibimbing Oleh Dr. Hj. Elfi Muawanah, M. Pd. dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Upaya Guru, Membangun Perilaku Religius Siswa Penelitian Tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan peneliti terhadap kondisi perilaku siswa di Kedua MTsN tersebut. Fenomena berlangsungnya perilaku religious siswa tersebut tentu tidak terlepas dari Upaya guru dalam membangunnya yang di dukung dengan berbagai fasilitas di lingkungan Madrasah tersebut. Dalam hal ini peneliti melihat 3 fokus upaya yang dilakukan oleh guru. Fokus Penelitian dalam penelitian tesis ini adalah: (1) Bagaimana Upaya Guru dalam membangunan Pengetahuan moral (Moral Knowing) religius siswa di MTsN Bandung, Tulungagung dan MTsN Ngantru, Tulungagung? (2) Bagaimana Upaya Guru dalam membangunan Perasaan moral (moral felling) religius siswa di MTsN Bandung, Tulungagung dan MTsN Ngantru, Tulungagung? (3) Bagaimana Upaya Guru dalam membangunan perbuatan moral (Moral Doing) religius siswa di MTsN Bandung, Tulungagung dan MTsN Ngantru, Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitianlapangan, yang berlokasi di MTsN Bandung, Tulungagung dan MTsN Ngantru, Tulungagung. sumber datanya didapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menyebutkan (1) Secara Garis besar upaya dalam membangun perilaku religius ada dua hal yaitu dengan meberikan pembelajaran kepada siswa dengan mempertimbangkan minat belajar siswa, kemudian yang kedua yaitu dengan memanfaatkan lingkungan. (2) Dalam membangun perasaan moral siswa terkait dengan perilaku religius di dua sekolah tersebut di wujudkan dengan Membuat lingkungan sekolah yang religius dan melakukan Pembiasaan perilaku religius di sekolah. Selain dari kedua hal tersebut seorang Guru juga berupaya sebagai teladan di lingkungan sekolah. Sehingga hal tersebut secara tidak langsung menumbuhkan kemauan siswa untuk melakukan perilaku tersebut. Karena ada sosok inspirastor. (3) Upaya dalam membangun perilaku tindakan moral ini dilakukan dengan Memberlakukan form control perilaku siswa, dengan seperti itu maka perilaku religius siswa akan berlangsng secara konsisten dan bisa di control dengan mudah. Produk tersebut berupa buku penghubung, yang akan memberikan control mengenai sholat yang dilakukan oleh siswa dirumah, KDS (kartu disiplin siswa), form penilaian diri, form penilaian antar teman, lembar observasi jurnal oleh guru.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164011 ANDY BUDI CAHYONO
Date Deposited: 19 Jul 2021 05:35
Last Modified: 19 Jul 2021 05:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20031

Actions (login required)

View Item View Item